Bagikan:

JAKARTA - Karier Marc Marquez di Repsol Honda akan berakhir seiring dengan selesainya musim kompetisi 2023. Kabar yang berhembus Marquez akan bergabung dengan tim Gresini Racing.

Bersama tim satelit Ducati itu, Marquez dikontrak selama satu tahun. Setelah itu, dia bisa saja kembali ke Honda.

Pebalap asal Spanyol itu diketahui terlibat percakapan serius dengan para petinggi Honda, Tsukamoto dan Koji Watanabe. Ia mengaku siap kembali ke Honda pada 2025 saat statusnya tanpa tim.

Marquez dilaporkan juga menyampaikan syarat pada Honda jika ingin kembali bekerja sama lagi. Marquez meminta agar pabrikan tersebut melakukan perbaikan.

Ia juga memasang target agar minimal ada salah satu pebalap Honda yang bisa menembus lima besar pada musim 2024. Dengan hal itu, Marquez yakin bahwa Honda sudah mengalami perbaikan.

"Tawarannya mengejutkan pimpinan HRC (Honda Racing Team), tetapi kemudian ditolak mentah-mentah," demikian laporan yang dikutip dari crash.net pada Senin, 9 Oktober.

Perbincangan Marquez dan Honda disebut berjalan lancar dan keduanya saling terbuka dan menerima masukan. Namun pada akhirnya bos Honda yaitu Tsukamoto dan Koji Watanabe tetap pada keputusannya untuk tak lagi menerima Marquez demi memulai era baru tanpa bayang-bayang sang pebalap.

"Itu berarti dia (Marc Marquez) bisa memilih motor terbaik, setelah setahun bersama (tim satelit) Ducati," tambah laporan dari crash.net.