Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Timnas Jepang, Wataru Endo, mengaku berat harus meninggalkan Liverpool yang tengah bersaing ketat dengan Aston Villa dan Manchester City di Liga Inggris 2023/2024. Lebih dari itu, Endo kehilangan posisinya di Liverpool.

Endo mencapai performa terbaik dan mulai menunjukkan konsistensinya saat menjadi pilihan pertama selama enam laga terakhir Liverpool. Dirinya menjawab kepercayaan Manajer Jurgen Klopp saat menggantikan Alexis Mac Allister yang cedera.

Kapten Timnas Jepang ini pun mulai mengukuhkan diri sebagai pilar The Reds. Dirinya turut berperan membawa Liverpool ke puncak klasemen Liga Inggris 2023/2024.

Sebelumnya, Endo mengalami kesulitan pada bulan-bulan pertama kedatangannya dari VfB Stuttgart.  

Namun, saat Endo sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengan skuat The Kop, dia harus pergi untuk bergabung Timnas Jepang di Piala Asia 2023 Qatar. Turnamen sepak bola terbesar se-Asia ini memang digelar di tengah kompetisi Eropa.

Ini mengakibatkan pemain Asia yang memperkuat klub-klub Eropa kehilangan kesempatan unjuk kemampuan selama satu bulan. Tidak hanya klub, tetapi pemain pun merasa dirugikan.

Bek Arsenal Takehiro Tomiyasu yang juga kompatriot Endo menyebut jadwal Piala Asia pada Januari-Februari 2024 membuat dia kehilangan kesempatan berkontribusi bagi klub. Tomiyasu berharap Piala Asia digeser ke Juni.

Seperti Endo yang membantu Liverpool menjaga persaingan di papan atas liga, Tomiyasu juga menjadi bagian penting Arsenal. Repotnya lagi, Arsenal bersaing ketat dengan Liverpool di kompetisi.

"Terus terang berat meninggalkan klub dan saya berharap bisa tetap di sini (Liverpool). Namun, menjadi pemain Timnas Jepang juga penting. Apalagi saya menjadi kapten tim," ujar Endo.

"Meski demikian, saya tetap sepenuhnya fokus pada Timnas Jepang dan berharap bisa melakukan yang terbaik," kata dia lagi.

Endo berharap bisa membawa Jepang ke laga puncak dan meraih gelar juara. Apalagi, Jepang yang memegang rekor juara dengan empat kali mengangkat trofi menjadi salah satu unggulan di Piala Asia 2023.

Pada edisi terakhir, 2019, Jepang lolos ke final. Namun, mereka gagal setelah dikalahkan Qatar 1-3 di laga puncak.

"Saya berharap bisa meraih gelar juara Asia. Tak masalah bila itu membuat saya bertahan lebih lama di Qatar," kata Endo.

Kepergian Endo menjadikan MacAllister yang telah pulih dari cedera kembali menjadi pilihan pertama.

Sebelumnya, di pertandingan melawan Newcastle United yang dimenangi Liverpool 4-2, MacAllister sudah diturunkan di babak kedua menggantikan Endo. Kini, gelandang berusa 30 itu harus kehilangan momentum karena membela Samurai Blue.

"Macca [MacAllister] sudah kembali. Jadi, saya bisa fokus di Timnas Jepang. Saya yakin kami (Liverpool) tetap bisa bermain bagus meski tidak ada saya dan (Mohamed) Salah," ucapnya.

Salah juga harus meninggalkan Liverpool karena memperkuat Mesir di Piala Afrika 2023. Turnamen itu juga digelar pada Januari-Februari 2024.