Tinggalkan Liverpool yang Bersaing Ketat dengan Man City, Salah Pilih Bela Mesir
Mohamed Salah meninggalkan Liverpool untuk bergabung Timnas Mesir yang tampil di Piala Afrika 2023 (X/@LFC).

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool berada dalam situasi kritis. Saat kehilangan banyak pemain dan bersaing ketat dengan Manchester City, salah satu andalan Liverpool, Mohamed Salah, malah memilih membela Mesir di Piala Afrika 2023.

Salah meninggalkan Liverpool setelah membawa tim mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Inggris 2023/2024 dengan mengalahkan Newcastle United 4-2.

Paling tidak dengan memiliki poin 45, Liverpool unggul tiga poin dari Aston Villa yang menduduki peringkat kedua.

Sementara, Man City yang menduduki peringkat ketiga memiliki poin 40. Namun, Man City menyimpan satu pertandingan sehingga berpeluang merapatkan jarak poin dengan The Kop.

Saat persaingan memperebutkan posisi puncak kian ketat, Salah memilih bergabung dengan Timnas Mesir yang berlaga di Piala Afrika 2023, 13 Januari-11 Februari 2024. Praktis, Salah meninggalkan Liverpool selama satu bulan.

Begitu pula gelandang Wataru Endo harus meninggalkan Anfield untuk bergabung dengan Jepang yang berlaga di Piala Asia 2023.

Endo tak bisa melepas Samurai Blue karena dirinya merupakan kapten. Endo kian mengukuhkan sebagai salah satu pilar lini tengah Liverpool.

Salah menyatakan bila dirinya ingin membawa Mesir meraih trofi juara setelah tiga kali gelaran sebelumnya selalu gagal. Pada edisi terakhir, Piala Afrika 2021, Mesir dikalahkan Senegal 2-4 lewat drama adu penalti.

"Saya ingin menjadi juara di turnamen ini. Tentu hal yang menyenangkan bila berhasil menjadi juara," kata Salah.

"Saya merasakan sukacita yang luar biasa setiap kali melangkah memasuki lapangan dengan jersey Timnas Mesir. Saya tak pernah ragu," ucapnya.

Salah tak merasa khawatir meninggalkan Liverpool yang bersaing ketat dengan tim-tim di bawahnya. Bahkan, sampai pekan ke-20 atau separuh jalan kompetisi, Liverpool hanya unggul tiga poin dengan pesaing terdekat.

Sementara itu, Man City tertinggal lima poin. Namun, dengan agenda pertandingan liga yang masih panjang, Man City dan Villa masih bisa memburu Liverpool.

"Kami punya banyak pemain fantastis yang bisa menempati posisi saya. Pemain yang bisa melakukan apa yang saya lakukan," ucap Salah.

Salah dan Endo diperkirakan tidak bisa memperkuat Liverpool selama delapan pertandingan di berbagai kompetisi. Paling tidak, mereka absen pada empat laga Liga Inggris 2023/2024.

Keduanya sudah tidak bisa tampil saat Liverpool langsung bertemu lawan berat, Arsenal, di babak ketiga Piala FA. Liverpool harus melakoni laga tandang dengan menghadapi The Gunners di Stadion Emirates, akhir pekan ini.

Manajer Jurgen Klopp mengatakan ada tujuh pemain yang tidak bisa dimainkan dalam big match itu. Di antaranya, Dominik Szoboszlai, Andy Robertson, Joe Gomez, Kostas Tsimikas, dan Thiago.

Dengan absennya Salah dan Endo, Liverpool tampaknya bakal kehilangan tidak kurang tujuh pemain di laga melawan Arsenal.

Salah sendiri mencetak milestone gol ke-150 saat membobol gawang Newcastle dalam laga di Anfield.

Namun, dirinya juga melewati rekor itu karena menambah satu gol lagi dari titik penalti. Salah juga membuat assist di laga itu.

Hanya saja, dia harus pergi untuk berlaga di Piala Afrika 2023 dengan harapan membawa Mesir meraih trofi juara.