Liverpool Vs Burnley: Kembalinya Kapten Timnas Jepang
Gelandang Jepang Wataru Endo telah kembali bergabung dengan Liverpool. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool merombak skuat saat menjamu tim papan bawah Burnley di laga Premier League Inggris di Stadion Anfield, Sabtu, 10 Februari 2024 malam WIB. Kapten tim nasional Jepang Wataru Endo telah kembali. Tetapi Dominik Szoboszlai dan Mohamed Salah belum bisa dimainkan.

Laga krusial setelah Liverpool kehilangan poin saat menyambangi markas Arsenal, pekan lalu. Dalam duel di Emirates, Liverpool dipaksa menyerah 3-1.

Kekalahan itu masih belum berpengaruh pada posisi Liverpool. Mereka tetap bertengger di puncak klasemen dengan poin 51. Namun The Reds hanya unggul dua poin dari Manchester City dan Arsenal.

Man City menjadi ancaman utama karena masih menyimpan satu pertandingan. Ini berarti sang juara bertahan bisa sewaktu-waktu menggusur Liverpool bila meraih poin penuh di pertandingan tunda.

Dengan persaingan yang tetap ketat saat kompetisi memasuki putaran kedua, maka Liverpool berharap tak kehilangan poin di setiap pertandingan kandang. Begitu pula saat Liverpool kedatangan Burnley yang tengah berusaha keluar dari zona degradasi.

Di pertandingan itu, skuat Jurgen Klopp memang belum komplet. Namun Klopp sudah bisa menyambut Endo yang kembali bergabung usai kegagalan Jepang di Piala Asia 2023.

Jepang yang menargetkan juara untuk kelima kali harus tersingkir di perempat final setelah kalah 2-1 lawan Iran.

Saat membela Samurai Blue, Endo tercatat absen selama tujuh pertandingan Liverpool di berbagai kompetisi. Kini, dirinya sudah bergabung dan berpeluang diturunkan di laga melawn Burnley. Gelandang yang memiliki 60 caps ini juga terlihat menjalani latihan bersama tim.

Bila Endo bisa dimainkan, Klopp masih kehilangan delapan pemain, termasuk Szoboszlai dan Mohamed Salah yang cedera hamstring. Sedangkan pemain lain seperti Conor Bradley, Joe Gomez, Thiago Alcantara masih menjalani proses pemulihan.

Thiago sesungguhnya sudah pulih dari cedera dan sempat dimainkan melawan Arsenal. Namun gelandang Spanyol ini kembali cedera otot dan tidak akan tampil melawan Burnley.

Szoboszlai sendiri terakhir kali bermain saat Liverpool menang 4-1 atas Chelsea. Dirinya bermain selama 69 menit sebelum digantikan Harvey Elliot.

"Sebelum pertandingan [melawan Chelsea], Dom baik-baik saja. Tetapi dia kemudian merasa agak sakit. Setelah diperiksa, saya putuskan dia tak bisa melanjutkan pertandingan," kata Klopp.

"Kami tak ingin mengambil risiko. Setelah menjalani perawatan, dia dipastikan tak bisa tampil," ujarnya.

Sebaliknya, bek Kostas Tsimikas sudah pulih dan kembali berlatih. Namun Klopp tak memainkannya saat melawan Arsenal. Tsimikas dipastikan sudah ready di pertandingan kandang.

"Kosti sudah fit. Dia tinggal menunggu lampu hijau saja karena pross pemulihan tulang memang butuh waktu. Tetapi kondisinya sudah bagus," ucap Klopp.

Meski kehilangan sebagian pilar, namun Klopp masih bisa menurunkan skuat terbaik. Striker Darwin Nunez dan gelandang Alexis Mac Allister sudah bisa tampil.

Tim pun lebih diunggulkan karena menghadapi lawan yang tidak berat. Hanya saja, Liverpool harus mewaspadai motivasi dan semangat juang pemain Burnley yang berusaha tidak turun kasta.

Manajer Vincent Kompany menyatakan Burnley harus bekerja keras demi meraih poin di Anfield.

"Tantangan yang tidak mudah. Saat datang ke Anfield, Anda harus melakukan segala sesuatu dengan tepat. Semua harus berjalan seperti yang Anda harapkan," ujar Kompany.

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Quansah, Van Dijk, Robertson; Jones, Endo, Mac Allister; Jota, Nunez, Diaz

Burnley (4-4-2): Trafford; Assignon, O'Shea, Esteve, Vitinho; Gudmundsson, Berge, Brownhill, Odobert; Datro Fofana, Foster