Bagikan:

JAKARTA - Bek Trent Alexander-Arnold menjadi pemain terakhir Liverpool yang cedera sehingga absen pada laga leg pertama semifinal Carabao Cup melawan Fulham di Stadion Anfield, Kamis, 11 Januari 2024, dini hari WIB. Total ada 10 pemain absen di laga itu.

Alexander-Arnold mengalami cedera lutut saat Liverpool mengalahkan Arsenal 2-0 di pertandingan babak ketiga Piala FA. Di laga itu, Alexander-Arnold menjadi kapten menggantikan Virgil van Dijk.

Asisten manajer Pep Lijnders menuturkan pemain belakang itu harus beristirahat selama beberapa pekan. Dengan demikian, bek Timnas Inggris itu dipastikan absen saat melawan Fulham.

"Ini bukan kabar baik bagi kami. Trent mengalami cedera lutut di pertandingan terakhir. Ada sedikit sobekan pada ligamen dan ini butuh waktu untuk pemulihannya," ujar Lijnders.

Lijnders lebih lanjut mengatakan, "Dia sudah menjalani pemindaian dan harus beristirahat selama beberapa pekan."

Absennya Alexander-Arnold menjadikan Liverpool kehilangan banyak pemain saat menghadapi Fulham. Sebelumnya, pemain depan andalan Mohamed Salah sudah meninggalkan Anfield karena memperkuat Mesir di Piala Afrika 2023.

Tidak hanya Salah, tetapi juga gelandang Wataru Endo yang membela Jepang di Piala Asia 2023. Endo tidak bisa menolak panggilan Samurai Blue karena statusnya sebaga kapten timnas.

Sementara, para pemain yang absen karena cedera di antaranya Dominik Szoboszlai (hamstring), Joel Matip (lutut), Andrew Robertson dan Kostas Tsimikas (keduanya cedera bahu), Thiago Alcantara (panggul), dan pemain muda Stefan Bajcetic cedera betis.

Van Dijk sesungguhnya baru pulih dari cedera yang membuat dia absen di pertandingan Piala FA. Bila tak pulih, dia melengkapi 10 pemain yang absen.

Kalau menunjukkan perkembangan bagus, bek Timnas Belanda ini bisa menjadi starter di jantung pertahanan bersama Ibrahima Konate.

Kemudian, bek muda Conor Bradley menggantikan posisi Alexander-Arnold sebagai bek kanan. Meski masih berusia 20, Bradley mampu tampil cemerlang sehingga diprediksi bakal masuk tim senior pada tahun-tahun berikutnya. Di kiri Joe Gomes menjadi pilihan pertama. 

Absennya Salah di lini depan, maka Manajer Jurgen Klopp tetap mengandalkan Darwin Nunez sebagai centre forward. Dirinya bahu-membahu dengan Diogo Jota dan Luis Diaz.

Dengan komposisi seperti itu, Cody Gakpo yang menjadi starter saat melawan Arsenal akan duduk di bench.

Fulham sendiri kehilangan duo Nigeria Calvin Bassey dan Alex Iwobi yang akan tampil di Piala Afrika. Sedangkan Adama Traore dan Tim Ream tidak bisa tampil karena belum pulih dari cedera.

Manajer Marco Silva akan kembali memainkan Joao Palhinha dan Raul Jimenez. Keduanya diistirahatkan saat melawan Rotherham di Piala FA.

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Kelleher; Bradley, Konate, Van Dijk, Gomez; Jones, Mac Allister, Gravenberch; Jota, Nunez, Diaz

Fulham (4-2-3-1): Leno; Tete, Adarabioyo, Diop, Robinson; Cairney, Palhinha; Wilson, Pereira, Decordova-Reid; Jimenez