Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 mulai bergulir di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Presiden AFC, Salman bin Ibrahim Al Khalifa, menjanjikan edisi tahun ini menjadi terbaik yang pernah ada.

Ungkapan itu diutarakan Salman bin Ibrahim Al Khalifa karena berkaca pada situasi yang ada. Menurutnya, banyak sekali perubahan positif yang dilakukan di edisi kali ini, bukan hanya dari dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan.

Apalagi dengan ditunjuknya Qatar selaku tuan rumah tahun ini membuat kepercayaan soal kesuksesan Piala Asia 2023 juga meningkat.

Pasalnya, Salman mengakui kemampuan dari Federasi Sepak Bola Qatar dan Komite Penyelenggara Lokal Piala Asia 2023 Qatar yang sudah berpengalaman ketika menyelenggarakan Piala Dunia 2022.

“Saya tahu tim, pemain, dan ratusan juta penggemar sepak bola Asia di seluruh dunia sangat menantikan turnamen ini. Kini turnamen terbaik yang pernah ada akan segera diselenggarakan,” kata Salman dari laman Al Arab pada Rabu, 10 Januari 2024.

“Sejak Qatar dipilih sebagai penyelenggara turnamen, kami tahu bahwa ini akan menjadi edisi pertama dalam sejarah Piala Asia yang dilaksanakan di stadion Piala Dunia,” kata Salman lagi.

Dalam Piala Asia 2023, Presiden AFC itu juga memastikan adanya partisipasi dari wasit wanita dalam daftar wasit yang bertugas nanti.

Selain itu, Piala Asia 2023 juga akan menerapkan sistem offside semi-otomatis dan penerapan sepenuhnya video assistant referee (VAR).

Bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Asia 2023, Salman menyebut bahwa turnamen esports E-Asian Cup juga akan bergulir di waktu yang sama.

Dengan rencana dan persiapan matang, Salman mengakui ini akan menjadi turnamen terbaik sepanjang sejarah Piala Asia dengan fokus memanjakan para penggemar.

“Kami mengandalkan misi kami untuk bisa mencapai kesenangan dan menarik lebih banyak penggemar dari jumlah yang belum ada sebelumnya,” kata Salman.

“Saya yakin Piala Asia 2023 Qatar ini akan tetap menjadi momen terbaik dalam sejarah sepak bola Asia,” katanya.