Undian Piala Asia U-20 2023: Indonesia Gabung Uzbekistan, Irak, dan Suriah di Grup A
Tim Indonesia masuk Grup A Piala Asia U-20 2023. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Hasil undian babak grup Piala Asia U-20 2023 selesai digelar. Tim Indonesia masuk dalam Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Undian dilakukan di Tashkent, Uzbekistan, Rabu, 26 Oktober siang WIB. Indonesia memastikan diri lolos ke kejuaraan ini dengan status sebagai juara Grup F pada kualifikasi yang dilakukan September lalu di Surabaya.

Lawan berat bakal dihadapi wakil Asia Tenggara lainnya, yakni Vietnam. Tim nasional Vietnam menempati Grup B bersama nama-nama kuat seperti Qatar, Australia, dan Iran.

Sementara itu, Arab Saudi yang berstatus juara bertahan mengisi Grup D. Di grup yang sama ada Jepang, China, dan Kirgistan.

Kemudian tim tersukses Korea Selatan yang mengoleksi 12 gelar dalam sejarah kompetisi menepati Grup C. Ini terhitung grup yang mudah karena cuma dihuni Tajikistan, Yordania, dan Oman.

Piala Asia U-20 2023 tahun depan menjadi edisi ke-41 (termasuk edisi sebelumnya AFC Youth Championship dan AFC U-19 Championship). Tahun depan merupakan edisi pertama kompetisi kelompok umur dua tahunan itu dimainkan sebagai turnamen U-20.

Total sebanyak 16 tim akan bertanding di turnamen tersebut. Empat tim semifinalis otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia sebagai wakil AFC.

Indonesia sendiri sudah otomatis lolos di Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah. Jika Indonesia berhasil mencapai semifinal di Piala Asia maka play-in repechage akan dilakukan antara dua perempat finalis terbaik.

Saat ini Indonesia tengah melakukan persiapan di Turki untuk menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia tahun depan. Selain berlatih, skuad asuha Shin Tae Yong juga akan menjalani sejumlah uji coba dengan tim lokal.

Berikut undian lengkap Piala Asia U-20 2023:

Grup A

Uzbekistan

Indonesia

Irak

Suriah

Grup B

Qatar

Australia

Vietnam

Iran

Grup C

Korea Selatan

Tajikistan

Yordania

Oman

Grup D

Arab Saudi

Jepang

China

Kirgistan