Jelang Lawan Vietnam, Kapten Timnas Jepang Bahas Soal Jurgen Klopp
Endo Wataru https://instagram.com/@endowataru

Bagikan:

JAKARTA - Kapten timnas Jepang, Wataru Endo bakal memimpin timnya tampil melawan Vietnam di laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Minggu 14 Januari malam WIB. Jelang penampilan itu, Endo justru membahas soal pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Dilansir dari situs resmi AFC, Klopp memang sempat mengungkap harapan agar Jepang bisa secepatnya tersingkir dari Piala Asia 2023. Pernyataan itu diungkap sang pelatih asal Jerman itu karena ia membutuhkan tenaga Endo di timnya. 

Disinggung soal pernyataan Klopp saat sesi jumpa pers, Endo mengungkapkan pernyataan itu hanya candaan dari Klopp. Meski demikian, pemain berusia 30 tahun itu mengaku merasa tersanjung karena dengan pernyataan itu Klopp menyiratkan bahwa ia membutuhkan tenaga Endo. 

“Itu hanya lelucon dari Jurgen (Klopp), tetapi saya merasa sangat tersanjung karena dia merasa saya perlu kembali ke Liverpool. Jadi itu penting bagi saya,” ucap Endo dikutip pada Minggu, 14 Januari. 

“Namun saya di sini (timnas Jepang) sekarang. saya di sini sebagai kapten tim dan yang saya pikirkan hanyalah memenangkan trofi dan membawa medali saya kembali ke Liverpool,” ia melanjutkan.

Endo diketahui merupakan pemain yang baru saja diboyong Liverpool dari klub Jerman, Stuttgart di awal musim ini. Pemain berusia 30 tahun itu sempat mengalami kesulitan untuk bersaing masuk tim inti The Reds pada awal kedatangannya. 

Situasi itu pula yang membuat poros lini tengah tim lalu ditempati duo Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. Namun, performa Endo terus menanjak sejak mendekati paruh musim. 

Klopp selalu memainkan Endo sebagai starter dalam empat pertandingan terakhir Liverpool, hingga akhirnya saat mulai menunjukan kemampuan, Endo harus memenuhi panggilan timnas Jepang untuk tampil di Piala Asia 2023.