Bagikan:

JAKARTA - Takehiro Tomiyasu berambisi membawa Jepang menang melawan Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama pada Rabu, 24 Januari 2024.

Pemain Arsenal itu meminta rekan-rekannya untuk memiliki semangat juang seperti saat menjuarai empat kali Piala Asia.

Soalnya, posisi Jepang juga di ujung tanduk setelah kekalahan 1-2 melawan Irak pada laga kedua Grup D. Apalagi, lini pertahanan menjadi sorotan yang sudah kebobolan empat gol dalam dua laga.

Mereka kini harus bertarung dengan Timnas Indonesia untuk berebut tiket kelolosan otomatis ke 16 besar atau melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Jepang dan Timnas Indonesia saat ini sama-sama mengoleksi tiga poin, tapi Samurai Biru unggul dalam selisih gol.

Tak heran, Tomiyasu harus membakar semangat timnya dengan menargetkan clean-sheet pertama di Piala Asia 2023. Meski demikian, dia mengakui Timnas Indonesia bukan lawan mudah untuk merealisasikan rencana itu.

"Melawan Indonesia tidak akan menjadi pertandingan yang mudah, tidak ada pertandingan yang mudah di Piala Asia."

"Kami harus belajar dari kesalahan kami melawan Irak. Indonesia memiliki segalanya untuk diperjuangkan."

"Mereka mungkin menyerang kami sejak awal dan kami harus mengatasinya. Sebagai seorang bek, kami kebobolan dalam dua pertandingan berturut-turut. Jadi, saya ingin menjaga clean-sheet," kata sang bek.

Tomiyasu lebih lanjut menegaskan sosok seperti Wataru Endo sangat dibutuhkan dalam kondisi krusial seperti ini. Kepemimpinan pemain Liverpool itu diyakini bisa berdampak positif untuk meningkatkan mental tim.

"Pemain seperti (Wataru) Endo atau bahkan saya sendiri harus menjadi pemimpin, di dalam dan di luar lapangan, untuk memberikan pendapat. Saya pikir itu akan berdampak positif bagi tim," ujar Tomiyasu.

Kemenangan akan membawa Timnas Indonesia atau Jepang melangkah otomatis ke 16 besar Piala Asia 2023. Kalau berakhir seri, Samurai Biru yang berhak tiket ke babak gugur karena unggul head-to-head.

Sementara Timnas Indonesia mesti berjuang di jalur peringkat ketiga terbaik sambil berharap Bahran dan Oman tergelincir.