Bagikan:

JAKARTA - Nama Daniel Klein muncul di tengah ketidakjelasan nasib Maarten Paes. Kiper FC Augsburg itu digadang-gadang menjadi opsi naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Klein, yang punya darah Indonesia-Jerman, terbilang tidak punya masalah administrasi jika dinaturalisasi kilat.

Artinya, selepas menjadi warga negara Indonesia (WNI), perpindahan federasi dari Jerman (DFB) ke Indonesia (PSSI) bakal mulus, tidak seperti Maarten Paes.

Meski Daniel Klein pernah membela berbagai jenjang kelompok umur di bawah bendera Jerman (U-15, U-16, U-17, U-18, dan U-19), dia tampil saat masih di bawah 21 tahun.

Hal tersebut tentu sesuai dengan Statua FIFA soal Peraturan Kelayakan Bermain untuk Perwakilan Tim, tepatnya Pasal 9, yang mengatur soal perpindahan federasi.

Timnas Indonesia dikejar waktu untuk memperkuat sektor penjaga gawang. Soalnya, mereka akan tampil di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024.

Andai permasalahan administrasi perpindahan federasi Maarten Paes belum rampung sebelum agenda itu, kiper FC Dallas berdarah Indonesia-Belanda itu kembali batal bela Skuad Garuda.

Sementara itu, jika mengalihkan fokus ke naturalisasi Daniel Klein, ada kemungkinan besar kiper 23 tahun itu bisa membela Timnas Indonesia lebih cepat. Namun, semua itu balik lagi ke sang pemain.

Terlepas dari itu, Daniel Klein baru saja mencuri perhatian. Sang kiper tampil bersama tim senior Augsburg dalam laga uji coba.

Penjaga gawang berusia 23 tahun tersebut menghadapi Young Africans SC di Mbombela Stadium, Afrika Selatan, pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Pemain yang saat ini masih berkewarganegaraan Jerman itu tampil selama 45 menit babak pertama dan berhasil mencatatkan clean-sheet.

Pertandingan antara Augsburg melawan Young Africans SC pun berakhir dengan kemenangan 2-1.

Daniel Klein diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Bali.

Musim lalu, Klein dipinjamkan ke SV Sandhausen, klub 3.Liga (divisi tiga liga Jerman). Dia tampil delapan pertandingan dan mencetak empat clean-sheet.

Dia kemudian kembali ke Augsburg untuk mengarungi Bundesliga 2024/2025.

Daniel Klein menimba ilmu bersama Hoffenheim U-17 dan mengemas 40 penampilan dengan 13 clean-sheet.

Lalu, ketika naik membela Hoffenheim U-19, dia bermain di 34 laga dengan delapan clean-sheet.

Sang kiper kemudian hijrah ke FC Augsburg II dan bermain 20 laga dengan empat clean-sheet. Ia sempat ke Hoffenheim II dan tim utama Hoffenheim dengan total 25 laga dengan tiga clean-sheet.

Bersama tim nasional, Daniel Klein total mengemas 13 penampilan di Timnas Jerman kelompok usia, Jerman U-15 (1), Jerman U-16 (2), Jerman U-17 (5), Jerman U-18 (3), dan Jerman U-19 (2).