Bagikan:

JAKARTA – Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mendapat pesan panjang dari legenda ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menjelang Olimpiade Paris 2024.

Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu saat ini berada di Paris bersama Rinov/Pitha. Keduanya ikut ke sana karena diberi tugas sebagai mentor untuk nomor ganda campuran.

Liliyana mengakui bahwa titik jenuh atlet bisa saja terjadi karena setiap saat selalu bergelut dengan rutinitas yang sama. Karena itu, ia pun selalu mendorong Rinov/Pitha agar tidak terjerat hal semacam itu.

"Saya selalu mengingatkan kepada mereka (Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari), ini sudah sangat mendekati (Olimpiade. Tinggal hitungan hari. Tempatnya juga sudah sangat dekat dengan arena. Sudah di negara Olimpiade."

"Jadi, fokus harus dikencangkan, pola strategi dimatangkan, pukulannya lebih disolidkan lagi," kata dia.

Saat ini tim bulu tangkis Indonesia masih menjalani pemusatan latihan di Chambly untuk mematangkan semua strategi. Mereka baru akan masuk ke kampung atlet pada Rabu, 24 Juli 2024.

Rinov/Pitha akan memulai perjuangan mereka dari Grup A. Di grup ini, mereka mendapat lawan-lawan yang sangat berat, termasuk unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Dua ganda campuran lainnya yang akan menjadi lawan mereka adalah pasangan asal Korea Selatan, Kim Won-ho/Jeong Na-eun serta wakil tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Owi mengatakan bahwa ia senang bisa memainkan perannya sebagai mentor di Olimpiade 2024. Ia pun berharap bantuannya bisa dijalankan dengan baik oleh Rinov/Pitha saat di lapangan nanti.

"Saya mencoba memberikan yang maksimal terutama saat pemusatan latihan ini. Berbagi ilmu dan pengalaman," ujar Tontowi.

Olimpiade Paris 2024 akan dibuka pada 26 Juli 2024. Adapun cabang olahraga bulu tangkis mulai bertanding keesokan harinya.

Bulu tangkis punya sebanyak sembilan atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Mereka pun diharapkan bisa menjaga tradisi medali emas.