Cedera, Pemain Sayap Brighton Gagal Perkuat Jepang di Piala Asia 2023
Pemain sayap Brighton and Hove Albion Kaoru Mitoma gagal perkuat Jepang di Piala Asia 2023 (X/@BHAFC).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Jepang kehilangan pemain sayap, Kaoru Mitoma, menjelang Piala Asia 2023. Mitoma mengalami cedera engkel saat memperkuat Brighton and Hove Albion di Liga Inggris 2023/2024.

Mitoma merupakan salah satu andalan Jepang yang bermain di Eropa. Selain dirinya, ada Wataru Endo, gelandang Liverpool yang menjadi kapten Jepang.

Dari Serie A, gelandang Daichi Kamada bermain di Lazio. Sementara Takefusa Kubo, jebolan akademi La Masia, kini menjadi andalan Real Sociedad dan tengah diincar Manchester United.

Hanya saja, Mitoma kemungkinan tidak bisa bergabung dengan rekan-rekannya. Dia bakal absen tampil pada Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar.

Manajer Brighton, Roberto De Zerbi, menyatakan bahwa Mitoma mengalami cedera engkel di pertandingan melawan Crystal Palace yang berakhir imbang 1-1 pada akhir pekan lalu.

Cedera itu memaksa pemain sayap berusia 26 ini harus memulihkan kondisi dan beristirahat selama empat atau enam pekan.

Karena Piala Asia 2023 mulai pada 12 Januari 2024, Mitoma yang sudah 24 kali membela Brighton ini dipastikan absen memperkuat Jepang.

"Kami kehilangan Kaoru selama sekitar enam pekan. Bisa empat, lima, atau paling lama enam pekan perkiraannya. Saya pastikan dia absen memperkuat Jepang di Piala Asia 2023," ucap De Zerbi yang kehilangan tidak kurang 10 pemain karena cedera.

"Musim ini, kami kehilangan banyak pemain yang mengalami cedera. Salah satunya Kaoru. Beberapa di antara merka malah bukan cedera otot. Barangkali ini karena kami menjalani tiga pertandingan setiap pekan," kata dia lagi.

Brighton menjalani pertandingan dengan jadwal lumayan padat setelah lolos ke Liga Europa. Bahkan, The Seagulls masih bertahan di kompetisi Eropa setelah berhasil meraih tiket ke 16 besar.

Absennya Mitoma jelas menjadi pukulan bagi Brighton. Apalagi, dirinya merupakan pilar tim. Musim lalu, dirinya mencetak 10 gol dan membuat delapan assist.

Mitoma menunjukkan konsistensi dengan mengoleksi tiga gol dan enam assist musim ini. Dia tak diragukan menjadi salah satu andalan Brighton.

Jepang juga mengalami kerugian dengan absennya Mitoma. Pasalnya, pemain yang memiliki 18 caps ini menjadi salah satu andalan menjebol gawang lawan. Dirinya pun sudah mengemas tujuh gol bagi Timnas Jepang.

Pada Piala Asia 2023, Samurai Biru tergabung di Grup D bersama Indonesia, Vietnam, dan Irak. Jepang mengawali pertarungan dengan menghadapi Vietnam pada 14 Januari 2024.

Sehari kemudian Indonesia meladeni Irak. Indonesia sendiri bertemu Jepang pada 24 Januari 2024.