Kaoru Mitoma Dipanggil Timnas Jepang ke Piala Asia 2023, Pelatih Brighton Terkejut
Kaoru Mitoma dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Asia 2023 (Instagram/@kaoru.m.o520).

Bagikan:

JAKARTA - Kaoru Mitoma menjadi salah satu pemain yang dipanggil masuk skuad Timnas Jepang untuk Piala Asia 2023. Namun, pemanggilannya itu membuat Manajer Brighton & Hove Albion, Roberto De Zerbi, terkejut.

Perasaan terkejut tersebut meliputi De Zerbi bukan tanpa alasan. Pasalnya, ia mengetahui bahwa Mitoma mengalami cedera pergelangan kaki, yang mana terjadi ketika Brighton menghadapi Crystal Palace pada 21 Desember 2023.

Karena insiden tersebut, Mitoma diprediksi harus istirahat selama 4-6 pekan. Namun, Timnas Jepang justru memanggilnya masuk dalam skuad menuju Piala Asia 2023.

“Saya sangat terkejut karena tim medis saya mengatakan bahwa (Kaoru) Mitoma butuh waktu 4-6 pekan akibat cedera ini,” kata De Zerbi dikutip dari laman resmi Liga Inggris pada Rabu, 3 Januari 2024.

"Bagi saya, ini mengejutkan karena sulit berpikir bahwa dengan cedera itu dia bisa bermain di Piala Asia,” lanjutnya.

Meski pemanggilan Mitoma yang tengah cedera itu mengejutkan De Zerbi, di sisi lain ia jelas mendukung penuh agar sang pemain bisa tampil maksimal di Piala Asia 2023.

Sang manajer juga mengaku bangga bila Mitoma benar-benar bisa bermain di lapangan memperkuat Jepang.

“Saya adalah penggemar Mitoma, penggemar seluruh pemain-pemain saya. Bila mereka bisa bermain untuk tim nasional, saya sangat senang dan bangga,” kata De Zerbi.

Pada kesempatan lain, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, berharap Mitoma bisa bermain untuk tim sejak fase grup.

“Saya tak tahu peluang dia bisa siap sejak pertandingan pertama, tetapi pemulihan dia berjalan baik. Saya berharap dia bisa tampil di fase grup," ucap Moriyasu.

Pada Piala Asia 2023, Jepang berada di Grup D. Mereka akan bertarung melawan Timnas Indonesia, Vietnam, dan Irak.