Bagikan:

JAKARTA - Atalanta meraih kemenangan penting usai menaklukkan AC Milan dalam drama lima gol. Dalam duel Serie A Italia di Stadion Gewiss, Minggu, 10 Desember dini hari WIB, Atalanta menang 3-2 yang ditentukan lewat gol menit terakhir.

Hasil yang mengecewakan bagi Milan yang berharap menjaga persaingan dengan Inter Milan dan Juventus. Bukannya menang, Milan malah menuai kegagalan di kandang lawan.

Laga melawan Atalanta memang tak mudah. Milan selalu tertinggal lebih dulu sampai akhirnya harus mengakui keunggulan La Dea.

Kekalahan itu tak mengubah posisi Milan yang tetap di peringkat tiga dengan poin 29. Mereka sudah terpaut sembilan poin dengan Inter yang menduduki puncak klasemen setelah menghajar Udinese 4-0. Di posisi kedua ada Juventus yang mengantungi poin 36.

Sementara, Atalanta memperbaiki posisinya. Mereka naik ke peringkat tujuh dengan poin 23. Sama dengan Fiorentina tetapi Atalanta masih kalah selisih gol.

Di laga itu, Rossoneri sesungguhnya bermain bagus dan membangun pertahanan yang cukup kokoh meski akhirnya kebobolan tiga kali. Pelatih Stefano Pioli pun menilai Milan seharusnya tak kalah dan mendapatkan satu poin dari laga tandang tersebut.

Permainan ofensif Milan memang sempat menyulitkan Atalanta. Namun tuan rumah akhirnya mampu menguasai permainan dan unggul lebih dulu saat Ademola Lookman mencetak gol di menit 38.

Milan tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Saat pertandingan memasuki injury time babak pertama, striker Olivier Giroud sukses membobol gawang tuan rumah. Skor 1-1 saat mengakhiri 45 menit pertama.

Atalanta cepat bangkit di babak kedua. Mereka kembali bermain menyerang untuk menekan lawan meski kalah dalam penguasaan bola. Usaha tuan rumah memang tidak sia-sia.

Di menit 55, Lookman mencetak brace setelah menyelesaikan assist dari Charles De Ketelaer. Kembali unggul, Atalanta pun berusaha memperkuat pertahanan. Apalagi, penguasaan bola kedua tim akhirnya berimbang.

Hanya saja, Milan masih bisa memanfaatkan celah untuk mencetak gol. Kali ini, striker Luka Jovic mulai menunjukkan ketajamannya sejak didatangkan dari Fiorentina.

Jovic yang menyambut assist dari Christian Pulisic membawa Milan imbang 2-2 setelah membobol gawang Atalanta di menit 80.

Saat laga diperkirakan berakhir imbang, Atalanta justru meningkatkan intensitas serangan pada injury time. Tensi laga kembali meningkat.

Apalagi, kapten Milan Davide Calabria melakukan pelanggaran terhadap Aleksey Miranchuk di menit 90+3. Dirinya mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah.

Keunggulan jumlah pemain di laga yang tersisa dua atau tiga menit lagi dimanfaatkan dengan baik oleh Atalanta.

Hasilnya, Miranchuk menciptakan peluang bagi rekannya untuk mencetak gol. Dia memberikan assist kepada Luis Muriel yang kemudian menendang bola dengan tumit belakang.

Sepakan back heel Muriel ternyata menembus gawang Milan. Gol. Atalanta menutup laga dengan keunggulan 3-2. Milan pun gigit jari karena gagal meraih poin.