Kalahkan Atalanta 2-0, AC Milan Butuh Satu Kemenangan Terakhir untuk Pastikan Scudetto
Selebrasi Theo Hernandez setelah mencetak gol untuk AC Milan dalam pertandingan Liga Italia lawan Atalanta/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan semakin dekat dengan gelar Scudetto setelah menang 2-0 atas Atalanta dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-37 di San Siro yang berakhir pada Senin 16 Mei dini hari WIB.

Dua gol Milan masing-masing dicetak oleh Theo Hernandez dan Rafael Leao, demikian catatan laman resmi Serie A.

Hasil ini membuat Milan mantap di puncak klasemen sementara Serie A dengan 83 poin. Il Diavolo Rosso setidaknya cuma butuh satu poin lagi untuk mengunci Scudetto.

Inter Milan menjadi satu-satunya pesaing AC Milan. Nerazzurri sedang mengumpulkan 78 poin dan baru bertanding beberapa saat lagi melawan tuan rumah Cagliari. Bila mereka tidak menang, Milan dipastikan menjadi juara.

Kedua tim bermain hati-hati cukup selama 15 menit awal meski Milan banyak menekan. Tidak ada tembakan yang dilepaskan dalam kurun waktu tersebut.

Peluang pertama diciptakan Milan pada menit ke-20. Rafael Leao melepaskan tembakan terukur dari sisi kotak penalti, tetapi arah bola masih bisa ditebak oleh kiper Atalanta, Juan Musso.

Atalanta menciptakan peluang pada menit ke-30 lewat tendangan luar kotak penalti Luis Muriel yang masih bisa diantisipasi Mike Maignan.

Empat menit berselang, Alexis Saelemaekers melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh. Laju bola masih terlalu lemah hingga bisa dibendung Musso.

Milan terus menggedor pertahanan Atalanta, tetapi gagal mencetak gol di babak pertama. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0 sampai turun minum.

Tim tuan rumah akhirnya memecahkan kebuntuan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-56. Junior Messias melepaskan umpan lambung ke pertahanan Atalanta dan disambut Rafael Leao untuk kemudian mencetak gol. Skor 1-0 untuk Milan.

Atalanta berusaha mencetak gol penyembang secepat mungkin. Duvan Zapata membuang kesempatan untuk mencetak gol pada menit ke-60 saat bola tembakannya dari dalam kotak penalti melayang di atas tiang gawang.

Tim tamu terus menerus menekan Milan setelah tertinggal. Namun, usaha skuat asuhan Gian Piero Gasperini itu tidak ada yang membuahkan gol.

Milan malah bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-75. Theo Hernandez menggiring bola dari tengah lapangan dan kemudian melepaskan tembakan saat di dalam kotak penalti yang tidak mampu dibendung Musso.

Milan nyaris memperbesar keunggulan pada menit ke-85 setelah ada kesalahan dari pemain Atalanta di kotak penalti sendiri. Namun, bola liar gagal dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain tuan rumah.

Zapata mengancam Milan semenit kemudian. Tembakannya dari jarak dekat dengan memanfaatkan bola liar masih bisa ditepis Maignan.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai laga tuntas. Milan memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.