Man City vs Leipzig: Mentalitas Jadi Kunci Kebangkitan
Gol Erling Haaland menjadi titik balik tim pada laga Man City vs Leipzig di Grup G Liga Champions 2023/2024 (Instagram/@mancity).

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City tampil luar biasa saat menjamu RB Leipzig pada matchday kelima Liga Champions 2023/2024 di Stadion Etihad, Rabu, 29 November 2023, dini hari WIB.

The Citizens meraup tiga poin meski laga tersebut sudah tak berpengaruh. Sebagaimana diketahui, sebelum menjalani partai kelima grup, City sudah memastikan langkah ke 16 besar.

Tambahan tiga poin itu mengokohkan anak asuh Pep Guardiola di puncak klasemen Grup G.

Hanya saja, sorotan mengarah kepada bagaimana City bisa memenangi laga kontra Leipzig. Mereka berhasil comeback setelah tertinggal dua gol.

Lois Openda menjadi aktor keunggulan dua gol Leipzig pada babak pertama. Dia mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-13 dan ke-33. Keunggulan itu bertahan hingga jeda.

Tak disangka, City tampil menggila pada babak kedua. Berawal dari gol Erling Haaland pada menit ke-54, tuan rumah terlecut membalikkan keadaan.

Ujungnya, Phil Foden sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-70 sebelum akhirnya gol kemenangan lahir dari kaki Julian Alvarez pada menit ke-87.

Phil Foden menegaskan kebangkitan timnya pada laga Man City vs Leipzig menjadi bukti kuatnya mentalitas.

“Itu adalah (permainan) dua sisi. Di babak pertama, ini adalah babak terburuk yang pernah saya lihat. Menurut saya, keberanian dan motivasi yang kami miliki didapat dari (permainan buruk) di babak pertama. Kami keluar dan bermain jauh lebih baik serta mengubah permainan."

“Ini penting untuk mengubahnya ketika segala sesuatunya tidak berjalan baik dan tim hebat dalam hal itu. Tim mempunyai mentalitas yang bagus untuk itu dan itu sangat menyenangkan untuk dilihat," ujar Foden di TNT Sports.

Sejatinya, The Citizens hanya membutuhkan satu poin di partai Man City vs Leipzig.

Namun, semangat memberikan yang terbaik di hadapan publik sendiri plus mempertahankan rekor di Stadion Etihad menjadi dorongan tambahan.

Gol Erling Haaland menjadi titik balik City. Pemain asal Norwegia itu berhasil membakar semangat semua pemain untuk meraup lebih dari sekadar satu poin.

“Kami hanya membutuhkan gol itu untuk bisa melaju (ke 16 besar). Para penggemar semakin bersuara keras setelah gol pertama. Biasanya di Etihad kami terbang tinggi dan kami hanya butuh satu gol. Jadi, ketika gol pertama tercipta, motivasi sudah ada dan kami terus berusaha serta memainkan sepak bola kami. Itu membuahkan hasil."

“Kami punya rekor hebat di Etihad dan hanya butuh satu gol untuk mengubah keadaan. Itu mengubah ritme permainan secara penuh,” tutur Foden.

Hasil partai Man City vs Leipzig membawa catatan bagus buat tuan rumah. The Citizens melanjutkan torehan kemenangan beruntun dalam liga laga Grup G Liga Champions 2023/2024.