Bagikan:

JAKARTA - Rumania tampil sebagai pemenang dalam perebutan juara Grup I dengan Swiss. Dalam laga pamungkas grup di kualifikasi Euro 2024 di National Arena, Rabu, 22 November dini hari WIB, Rumania menang 1-0 atas Swiss.

Rumania dan Swiss sesungguhnya sudah memastikan lolos ke putaran final Euro 2024. Rumania lolos setelah mengalahkan Israel 2-1 di laga sebelumnya.

Mereka kembali berlaga di Piala Eropa setelah pada gelara terakhir terpaksa absen meski Rumania menjadi salah satu dari 11 tuan rumah Euro 2020.  

Sementara Swiss yang bermain imbang 1-1 melawan Kosovo sudah cukup untuk mengantungi tiket ke Jerman.

Laga pamungkas babak kualifikasi yang secara kebetulan mempertemukan kedua tim pun memperebutkan posisi akhir mereka.

Kemenangan atas Swiss menjadikan Rumania finis kualifikasi dengan rekor tak terkalahkan. Ianis Hagi dkk menjadi juara grup setelah mengantungi poin 22.

Sedangkan Swiss akhirnya harus menduduki peringkat kedua dengan memiliki 17 poin.

Di posisi ketiga ada Israel yang mendapatkan poin 15. Israel masih bisa lolos ke Jerman dengan jalur playoff. Mereka akan mengawali pertarungan di babak itu menghadapi peringkat empat terbaik.

Di laga yang tidak menentukan tetapi berlangsung panas itu, Swiss malah kehilangan pemain andalan. Ya bek Manuel Akanji mengalami cedera dan harus menjalani perawatan usai pertandingan.

Bila Akanji butuh waktu untuk memulihkan cedera, ini bakal menjadi pukulan bagi Manchester City karena bakal kehilangan bek andalan.

Apalagi, Man City akan menghadapi laga berat melawan Liverpool di kompetisi Premier League Inggris, Sabtu mendatang. Ironis karena Akanji cedera di pertandingan yang tidak menentukan. 

Di pertandingan itu, satu-satunya gol Rumania dihasilkan Denis Alibec di menit 50. Gol Alibec yang memecahkan kebuntuan tercipta lewat sepakan dari jarak dekat.

Skor 1-0 untuk Rumania bertahan sampai akhir laga karena tidak ada lagi gol yang tercipta.