Bagikan:

JAKARTA - Rumania merebut tiket ke putaran final setela mengalahkan Israel 2-1 di pertandinan Grup I kualifikasi Euro 2024 di Pancho Arena, Felcsut, Hungaria, Minggu, 19 November dini hari WIB. Rumania lolos setelah menjadi juara grup.

Rumania kembali berlaga di Piala Eropa. Pada gelaran terakhir di Euro 2020, Rumania sesungguhnya menjadi salah satu tuan rumah bersama Inggris, Italia, Spanyol, Denmark, Rusia, Azerbaijan, Belanda, Hungaria, Jerman dan Skotlandia.

Namun ironisnya Rumania malah gagal lolos ke putaran final. Di gelaran itu, tuan rumah tetap melakoni babak kualifikasi. Sebaliknya untuk Jerman yang menjadi tuan rumah Euro 2024 tidak menjalani babak kualifikasi.

Rumania sendiri berhasil mengalahkan Israel yang menjadikan mereka tampil sebagai juara grup dengan mengantungi 19 poin. Poin Rumania sudah tak bisa dikejar karena babak kualifikasi menyisakan satu pertandingan lagi. 

Rumania pun lolos ke putaran final setelah absen di gelaran terakhir. Ini menjadi penampilan ketujuh Rumania di Piala Eropa.   

Sementara, Israel yang memiliki poin 12 hanya menduduki peringkat tiga sehingga gagal merebut tiket otomatis ke Jerman. 

Di pertandingan itu, Israel sesungguhnya bertindak sebagai tuan rumah. Namun situasi yang memanas karena peperangan Israel melawan Palestina menjadikan laga tidak digelar di negara tersebut. Pertandingan pun dipindahkan ke Hungaria.

Israel melakukan start gemilang dengan unggul lebih dulu lewat gol cepat. Pertandingan baru berjalan dua menit, striker Eran Zahavi sudah membawa Israel unggul.

Gol tercipta setelah Zahavi yang tidak mendapat kawalan menyambut bola dari sepak pojok dengan sundulan yang menghajar gawang Rumania.

Namun keunggulan Israel tak bertahan lama. Rumania hanya butuh waktu 10 menit untuk menyamakan skor.

Gol Rumania dihasilkan George Puscas setelah sundulannya yang menyambut bola rebound membobol gawang Israel. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Rumania bermain lebih agresif. Hasilnya, mereka membalikkan keadaan setelah Ianis Hagi mencetak gol di menit 63.

Saat unggul 2-1, Rumania kehilangan seorang pemain setelah Valentin Mihaila dikartu merah karena melakukan tekel keras terhadap Dor Turgeman di menit 85.

Meski demikian, Rumania mampu mempertahankan keunggulan. Gol Hagi ternyata menjadi penentuan karena tidak ada lagi yang tercipta. Skor 2-1 untuk Rumania menutup laga dan meloloskan tim itu ke putaran final.