Hasil Kualifikasi Euro 2024: Belanda, Rumania, dan Swiss Lolos ke Jerman
Pemain Timnas Rumania melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Israel dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 (@EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga tim tambahan lolos ke Jerman untuk tampil di putaran final Euro 2024. Tiga tim itu, adalah Belanda, Rumania, dan Swiss. Ketiganya melangkah ke Jerman setelah memenangi laga kualifikasi Euro 2024, Sabtu malam waktu setempat atau Minggu 19 November dini hari WIB.

Belanda, memastikan diri tampil di Jerman setelah pada kualifikasi Euro 2024 mengalahkan Irlandia di Johan Cruyff Arena, Amsterdam. Tim yang dilatih Ronald Koeman ini menang 1-0 lewat gol striker Wout Weghorst.

Kemenangan tersebut membuat Belanda mendulang 15 poin dan di peringkat kedua kualifikasi grup B Euro 2024, di bawah Prancis (21 poin). Prancis sudah lolos ke Jerman sejak 13 Oktober lalu.

Yunani, yang berada di urutan ketiga kualifikasi grup B Euro 2024 dengan 12 poin, tidak mungkin mengejar Belanda. Yunani kalah dalam head-to-head dan laga tinggal satu pertandingan.

Sementara itu, grup I Euro 2024, Rumania dan Swiss mendapatkan tiket ke Euro 2024 setelah menyingkirkan empat tim lainnya.

Rumania memenangi laga melawan Israel. Bermain di Pancho Aréna di Felcsút, Hungaria, Rumania menang 2-1.

Israel unggul terlebih dahulu lewat Eran Zahavi saat laga baru berjalan dua menit. Namun, Rumania menyamakan kedudukan 8 menit kemudian lewat George Puscas. Ianis Hagi membuat Rumania berbalik unggul pada menit ke-63.

Rumania harus bermain dengan 10 pemain karena Valentin Mihaila diganjar kartu merah pada menit ke-84.

Swiss harus puas bermain imbang 1-1 melawan Kosovo di St Jakob-Park. Gol Swiss dicetak Ruben Vargas pada menit ke-47. Kosovo menyamakan kedudukan lewat Muhamet Hyseni pada menit ke-82.

Rumania bertengger di puncak klasemen grup I Euro 2024 dengan 19 poin, diikuti Swiss yang mendulang 17 poin.

Poin mereka tidak mungkin terkejar lagi oleh para pesaingnya. Israel yang berada di urutan ketiga baru mempunyai 12 poin dengan menyisakan satu.

Masih di grup I, Belarusia menang 1-0 atas Andora lewat gol Denis Laptev. Dua tim ini baru mendulang 9 dan 2 poin, dan sudah pasti gagal ke Jerman.

Di pertandingan grup D Euro 2023, Kroasia menang 2-0 atas Latvia. Dua gol tim tamu Kroasia dicetak Lovro Majer saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Andrej Kramaric mencetak gol kedua pada menit ke-16.