Hasil Kualifikasi Euro 2024: Quattrick Pengancam Rekor dan 15 Tim ke Jerman
Romelu Lukaku memecahkan sejumlah rekor di Kualifikasi Euro 2024 (Instagram/@belgianreddevils).

Bagikan:

JAKARTA – Sebanyak sembilan partai matchday terakhir Kualifikasi Euro 2024 rampung pada Minggu, 19 November 2023. Penampilan fantastis Romelu Lukaku dan kepastian 15 tiket ke putaran final di Jerman menjadi sorotan.

Romelu Lukaku tampi menggila dengan mencatatkan empat gol atau quattrick dalam rentang 20 menit pada kemenangan 5-0 Belgia kontra Azerbaijan. Torehan eks pemain Inter Milan itu mengancam sejumlah rekor.

Sejauh ini, Lukaku menjadi pencetak gol terbanyak Kualifikasi Euro 2024. Tambahan empat gol membuat koleksinya menjadi 14, menjauh dari Cristiano Ronaldo (10 gol). Jumlah tersebut merupakan rekor gol terbanyak dalam satu edisi kualifikasi.

Selain itu, masih ada catatan gol untuk tim nasional yang mulai diancam Lukaku. Kini, penyerang 30 tahun itu mengemas 83 gol untuk Belgia.

Angka itu sudah melewati raihan Robert Lewandowski (81 gol) buat Polandia di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional.

Otomatis, Lukaku saat ini tinggal mengejar pencapaian para seniornya di daftar tersebut mengingat dia masih aktif buat tim nasional.

Terdekat, ada nama Lionel Messi (106 gol untuk Argentina) dan Sunil Chhetri (93 gol untuk India) yang menjadi target Lukaku.

Melihat produktivitasnya di level internasional, bukan tidak mungkin pemain AS Roma itu bisa mengejar selisih 26 gol dari Messi. Dia sanggup mencetak 15 gol dalam sembilan partai terakhir Belgia.

Melihat produktivitasnya di kancah internasional, bukan tak mungkin Lukaku mengancam Messi di daftar itu.

Saat ini, di posisi teratas pencetak gol terbanyak untuk timnas dihuni kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, dengan 128 gol.

Sementara itu, dari beberapa laga matchday terakhir Kualifikasi Euro 2024 yang sudah dimainkan, sejumlah tim sudah mendapat kepastian lolos ke Jerman.

Ada 15 tiket yang sudah pasti digenggam. Spanyol dan Skotlandia akan mewakili Grup A. Tim Matador menang kontra Georgia 3-1 dan Skotlandia seri 3-3 melawan Norwegia.

Perancis sudah memastikan lolos sebagai juara Grup B. Partai terakhirnya melawan Yunani pada Selasa, 21 November 2023 dini hari WIB, sudah tidak berpengaruh terhadap posisinya di puncak klasemen.

Lalu, Grup C baru diwakili Inggris yang poinnya sudah tidak bisa terkejar pesaing di bawahnya. Hasil laga terakhir grup tidak akan mengubah Three Lions dari singgasana juara grup.

Turki juga pasti melangkah ke Jerman. Meski Grup D masih ada satu laga sisa, Turki paling jelek finis sebagai runner-up grup.

Satu-satunya yang bisa bisa menggeser Turki dari puncak ialah Kroasia. Itu pun dengan catatan Kroasia menang melawan Armenia dan Turki takluk dari Wales.

Grup E dipastikan milik Albania. Seburuk-buruknya, Albania bisa lolos sebagai runner-up grup. Dengan skenario, Republik Ceska menang atas Moldova dan Albania kalah dari Kepulauan Faroe.

Kemudian Grup F sudah mendapat dua wakil, yaitu Belgia dan Austria, karena sudah menyelesaikan semua pertandingan.

Grup G setali tiga uang. Hongaria dan Serbia sudah menyelesaikan laga babak kualifikasi sebagai juara dan runner-up klasemen.

Denmark menahbiskan diri ikut ke putaran final Euro 2024 dari Grup H. Minimal, mereka finis di pos runner-up dengan skema terburuk kalah dari Irlandia Utara dan Slovenia meraih tiga poin atas Kazakstan plus selisih gol yang lebih baik.

Grup I mengirim Rumania dan Swiss. Poin keduanya sudah tidak bisa dikejar pesaing grup. Pertemuan di antara kedua tim pada laga terakhir grup hanya akan menentukan siapa juara grup.

Terakhir, Grup J telah menyelesaikan semua laga. Portugal dan Slovakia lolos ke putaran final Euro 2024. Selecao tampil fantastis dengan meraup semua kemenangan fase kualifikasi.

Masih ada lima tiket ke putaran final yang masih diperebutkan pada pertandingan 21-22 November 2023.