Bagikan:

JAKARTA – Novak Djokovic keluar sebagai juara ATP Finals 2023. Dia kini memegang rekor gelar pada turnamen tersebut.

Petenis berkebangsaan Serbia itu mengunci gelar setelah mengalahkan petenis tuan rumah Italia, Jannik Sinner, dengan skor 6-3 dan 6-3 di Pala Alpitour, Turin, Italia, pada Minggu, 19 November 2023 malam WIB.

Ini adalah gelar ketujuh Djokovic dari ATP Finals setelah sebelumnya dia menjuarai turnamen ini pada 2008, 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2022.

Tambahan satu gelar ini membuat Djokovic kini berstatus sebagai petenis dengan gelar terbanyak di ATP Finals. Dia petenis Swiss, Roger Federer, yang sudah pensiun.

“Salah satu musim terbaik yang saya lalui dalam hidup saya. Tidak perlu diragukan lagi,” kata Djokovic seperti dikutip dari BBC Sport .

Keberhasilan di Turin membuat Djokovic tahun ini benar-benar bergelimang rekor. Catatan itu termasuk mengokohkan diri sebagai petenis putra nomor satu dunia di akhir tahun untuk ke delapan selamanya, yang merupakan rekor baru di turnamen ini.

Selain itu, tahun ini dia juga melampaui rekor Steffi Graf untuk pekan terbanyak yang dihabiskan di puncak peringkat tunggal. Djokovic menguasai posisi itu pada angka 400 pekan.

[Lihat juga]

- https://voi.id/olahraga/331117/romelo-lukaku-cetak-empat-gol-dalam-20-menit-belgia-menang-5-0-atas-azerbaijan

- https://voi.id/olahraga/331120/gagal-menang-di-laga-pamungkas-skotlandia-ditahan-norwegia

- https://voi.id/olahraga/331115/seri-3-3-lawan-norwegia-skotlandia-sambut-kualifikasi-euro-2024-bersama-pendukung-di-hampden

[/Lihat juga]

Kemudian, Djokovic juga memenangkan tiga dari empat gelar tunggal Grand Slam musim ini. Tiga gelar walikota itu membuat dia menyalip jumlah gelar tunggal putra Rafael Nadal yang berjumlah 22.

Total 24 gelar Grand Slam yang dimiliki Djokovic membuat dia sekarang sejajar dengan rekor sepanjang masa milik petenis Australia, Margaret Court.

Dari tiga gelar itu termasuk gelar ke-10 yang memperpanjang rekor di Australia Open. Petenis berusia 36 tahun itu berpotensi memenangkan kembali turnamen ini pada Januari 2024.

Selanjutnya, kemenangannya di Perancis Open pada bulan Juni 2023 membuat Djokovic menjadi satu-satunya petenis pria yang memenangkan Grand Slam sebanyak tiga kali untuk masing-masing turnamen yang berjumlah empat kali dalam semusim.

Rekor berikutnya adalah dia telah membuat penampilan terbanyak di final Grand Slam, yaitu 36 pertandingan. Jumlah itu lebih banyak dua dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Chris Evert.

Terakhir, pada awal bulan ini Djokovic juga mengangkat trofi Paris Masters ketujuh. Itu membuat dia sekarang telah mengoleksi gelar Masters sebanyak 40.