Bagikan:

JAKARTA – Petenis Serbia, Novak Djokovic, dipastikan lolos ke babak semifinal ATP Finals 2023. Ini merupakan semifinal ke-12 buat petenis nomor satu dunia di ajang tersebut.

Kepastian Djokovic mendapat tiket semifinal setelah petenis tuan rumah, Jannik Sinner, mengalahkan Holger Rune 6-2, 5-7, dan 6-4 pada laga terakhir Grup Hijau di Pala Alpitour, Turin, Italia, Kamis, 16 November 2023 malam.

Hasil ini membuat Sinner memuncaki klasemen grup dengan mengantongi catatan menang-kalah 3-0. Dua kemenangan sebelumnya didapat saat berjumpa Stefanos Tsitsipas dan Djokovic.

Sinner pun menobatkan diri menjadi petenis Italia pertama dalam 54 tahun sejarah turnamen yang mencapai babak semifinal.

Sementara itu, Djokovic yang mengejar gelar ketujuh di ATP Finlas membutuhkan kemenangan Sinner untuk menjaga harapannya. Dia pun akhirnya menjadi runner-up Grup Hijau dengan catatan menang-kalah 2-1.

Satu-satunya kekalahan Djokovic di babak grup terjadi ketika melawan Sinner. Adapun dua kemenangan dia dapat saat melawan Holger Rune dan Hubert Hurkacz.

Setelah mengakhiri 19 kemenangan beruntunnya pada Selasa (14 November 2023), Djokovic bangkit kembali untuk mengalahkan Hurkacz, petenis pengganti Stefanos Tsitsipas yang mundur karena cedera.

Mencapai semifinal membuat Djokovic masih memiliki harapan untuk mempertahankan gelar. Jika juara maka dia akan memegang rekor sebagai petenis dengan gelar terbanyak di ATP Finals.

Saat ini Djokovic mengoleksi enam gelar. Ia sejajar dengan Roger Federer yang sudah memutuskan pensiun.