Bagikan:

JAKARTA - Slovakia memastikan lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Islandia 4-2 di pertandingan Grup J kualifikasi Euro 2024 di Stadion National Football, Jumat, 17 November dini hari WIB. Slovakia pun mendampingi Portugal yang sudah lolos lebih dulu.

Slovakia yang bersaing dengan Luksemburg dan Islandia harus bekerja keras meraih tiket ke putaran final untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Slovakia akhirnya memastikan lolos setelah menang atas Islandia di pertandingan kesembilan.

Hasil itu menjadikan Slovakia yang menduduki peringkat dua klasemen Grup J memiliki poin 19. Dengan keunggulan lima poin, Slovakia sudah tak bisa dikejar Luksemburg yang berada di posisi ketiga.

Portugal sendiri sudah mendapatkan tiket ke Jerman lebih cepat. Perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar para pesaingnya. Di laga terakhir, Portugal mengalahkan Liechtenstein 2-0 yang mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen dengan poin 27.

Sementara, Islandia yang sesungguhnya bisa menjaga peluang bila menang atas Slovakia tertahan di peringkat tiga. Kekalahan itu menjadikan Islandia hanya memiliki poin 10 dan tak bisa mengejar Slovakia di laga terakhir.

Dalam laga yang digelar di kandang sendiri, Slovakia sempat mengalami kesulitan menghadapi Islandia. Bahkan tuan rumah tertinggal lebih duu saat striker Orri Oskarsson membobol gawang Slovakia. Gol Oskarsson tercipta lewat sundulan di menit 17.

Setelah tertinggal 1-0, Slovakia mulai bangkit dan menguasai permainan. Usaha Milan Skriniar dkk menjebol pertahanan Islandia akhirnya membuahkan hasil di menit 30.

Gol tuan rumah dihasilkan Juraj Kuck. Selanjutnya, hanya berselang enam menit, giliran gelandang Ondrej Duda memperbesar keunggulan dari titik penalti.

Slovakia mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan pemain Islandia Kristian Hlynsson terhadap Duda. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Slovakia dan bertahan sampai turun minum.

Slovakia kian tenang setelah memantapkan keunggulan saat babak kedua baru berjalan dua menit. Kali ini Lukas Haraslin yang membobol gawang lawan setelah menerima assist Duda.

Bahkan Haraslin kemudian mencetak brace di menit 55. Skor berubah menjadi 4-1. Slovakia pun berada dalam situasi euforia karena bakal melangkah ke Jerman.

Namun mereka dikejutkan oleh gol Andri Gudjohnsen di menit 74. Dirinya memanfaatkan bola liar dengan memakai pahanya saat mengarahkan bola ke gawang.

Skor berubah menjadi 4-2. Tidak ada lagi gol yang tercipta dan Slovakia mempertahankan keunggulan itu untuk lolos ke putaran final.

Pelatih Slovakia Francesco Calzona mengaku puas dengan keberhasilan tim lolos ke putaran final. Apalagi, tim harus bekerja keras karena kebobolan lebih dulu. Mereka jua brhasil melewat masa sulit karena sempat mendapat kritikan.

"Saya puas melihat kebahagiaan orang-orang di sekitar saya. Pemain layak merayakan keberhasilan ini, terutama setelah mereka tak berhenti mendapat kritikan. Saya sangat puas," kata Calzona.

"Terus terang saya sempat stres setelah kami kebobolan. Tetapi itu hanya beberapa saat saja. Di babak kedua, semua menjadi lebih mudah bagi kami. Apalagi kami memang tim yang lebih baik dan bermain lebih baik pula," ujarnya.

Di laga terakhir yang sudah tidak menentukan lagi, Slovakia menghadapi tuan rumah Bosnia dan Herzegovina, 20 November dini hari WIB. Sedangkan Islandia dijamu Portugal.