Bagikan:

JAKARTA - Belanda tak terbendung dan pemain sayap berdarah Suriname Calvin Stengs mencetak hat-trick. Belanda menghancurkan Gibraltar 6-0 di pertandingan di Grup B kualifikasi Euro 2024 di Stadion Algarve, Rabu, 22 November dini hari WIB. Kemenangan besar yang membawa Belanda ke putaran final sekaligus mendampingi Perancis.

Belanda menunjukkan penampilan terbaik saat mengatasi perlawanan Gibraltar, tim paling lemah di Grup B. Tim yang tak pernah sekalipun meraih poin selama babak kualifikasi.

Ini yang menjadikan Belanda lebih diunggulkan ketimbang Yunani untuk lolos ke putaran final. Pasalnya, Belanda hanya butuh hasil imbang di laga pamungkas yang menentukan langkah mereka itu.

Sementara, Yunani harus mengalahkan Perancis di laga terakhir. Meski menang, mereka pun masih bergantung pada hasil pertandingan Belanda.

Belanda yang hanya butuh hasil imbang pun memastikan mengantungi tiket ke Jerman setelah menghajar Gibraltar. Kemenangan atas lawannya menjadikan Belanda memiliki poin 18.

Perolehan poin Belanda tak bisa dikejar Yunani yang menduduki peringkat tiga setelah bermain imbang 2-2 melawan Yunani.

Namun Yunani masih bisa lolos ke putaran final lewat jalur playoff. Di jalur itu, juara Eropa 2004 ini akan menghadapi Kazakhstan untuk mendapatkan tiket ke Jerman.

Sedangkan Gibraltar mencetak rekor buruk dengan menelan semua kekalahan selama babak kualifikasi. Bahkan mereka tak pernah mampu mencetak gol dan kemasukan 40 gol.

Dalam duel itu, Belanda sama sekali tak terbendung. Stengs pun menjadi bintang anyar tim Oranje setelah mencetak hat-trick.

Di laga itu, pelatih Ronald Koeman tidak menurunkan skuat terbaik meski butuh satu poin untuk lolos. Dirinya tetap merombak skuat dan menurunkan pemain cadangan, termasuk Stengs yang lebih sering duduk di bench.

Namun pemain Feyenoord ini menunjukkan performa gemilang di laga penentuan Belanda. Dirinya membuka pesta kemenangan Belanda saat laga baru berjalan 10 menit setelah memanfaatkan assist Joey Veerman.

Selanjutnya, gelandang Mats Wieffer memperbesar Belanda di menit 23. Dirinya yang selama ini juga menghangatkan bagku cadangan menyelesaikan umpan dari Teun Koopmeiners.

Koopmeiners memantapkan keunggulan Belanda menjadi 3-0 saat laga memasuki menit 38. Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Belanda tak menurunkan tempo permainan. Ini menjadikan Gibraltar kesulitan dan hanya bisa bertahan. Namun usaha mereka sia-sia.

Pertandingan baru berjalan lima menit, Stengs sudah kembali membobol gawang tuan rumah setelah menuntaskan umpan dari Donyell Male.

Dan, di menit 62, pemain berusia 24 ini mencetak gol untuk melengkapi hat-trick sekaligus mengubah skor menjadi 5-0.

Belanda masih belum puas. Pemain depan Liverpool Cody Gakpo yang masuk menggantikan Malen menutup pesta kemenangan tim.

Dirinya membobol gawang Gibraltar di menit 81. Skor berubah menjadi 6-0 untuk Belanda dan bertahan sampai akhir laga.