Bagikan:

JAKARTA - Perancis pesta gol dan memecahkan rekor saat menghancurkan Gibraltar 14-0 di pertandingan Grup B kualifiksi Euro 2024 di Allianz Riviera, Minggu, 19 November dini hari WIB.

Perancis sudah lolos ke putaran final. Tim asuhan Didier Deschamps juga menghadapi tim lemah yang menduduki dasar klasemen grup.

Meski demikian, Deschamps tetap menurunkan skuat terbaik. Pemain pilar yang absen karena memang mereka cedera atau terkena larangan bermain. Namun pemain utama yang fit tetap harus bermain.

Jadilah, kapten Kylian Mbappe memimpin Les Bleus menghadapi tim gurem. Dirinya bahu-membahu dengan pemain pilar lain seperti Antoine Griezmann dan Kingsley Coman menopang Marcus Thram yang bermain sebagai centre forward.

Kiper utama Mike Maignan juga berdiri di bawah mistar yang dibentengi Dayot Upamecano dkk. Sementara, the rising star Prancis Warren Zaire-Emery melakukan debut.

Tak hanya bermain untuk kali pertama di timnas, bintang Paris Saint-Germain yang masih berusia 17 ini juga mencetak gol.

Kemenangan atas Gibraltar mengukuhkan Perancis sebagai juara Grup B dengan rekor sempurna. Mereka mengantungi 21 poin yang berarti selalu menang selama tujuh pertandingan.

Selain itu, kemenangan 14 gol menjadikan Perancis memecahkan rekor gol dalam sejarah kualifikasi Piala Eropa. Ini menjadi kemenangan terbesar dalam perjalanan sebuah tim menuju putara final.

Di laga itu, Mbappe mencetak hat-trick dengan salah satu gol dari titik penalti di menit 30, 74 dan 82.

Sedangkan gol bunuh diri bek Ethan Santos membuka pesta kemenangan Perancis. Gol itu juga tercipta dalam tempo yang cepat karena laga baru berjalan tiga menit.

Hanya berselang satu menit, Thuram sudah menjadikan Perancis unggul 2-0. Di menit 16, Zaire-Emery mencetak sejarah dengan mencetak gol dalam debutnya. Namun dia hanya bermain selama 20 menit karena mengalami cedera. Posisi Zaire-Emery kemudian digantikan Youssouf Fofana.

Selanjutnya, Perancis menambah gol melalui Mbappe (30), Jonathan Clauss (34), Coman (36) dan Fofana (37).

Nyaris setiap menit kiper Gibraltar Dayle Coleing memungut bola dari gawang. Skor 7-0 tercipta saat babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Perancis menambah tujuh gol lagi. Mulai Adrien Rabiot (63'), Coman yang membuat brace (65') dan Ousmane Dembele (73').

Mbappe memborong dua gol langsung untuk melengkapi hat-trick menit 74 dan 82.

Sedangkan striker gaek Olivier Giroud menutup pesta Perancis dengan mencetak brace di menit terakhir (89', 90+1'). Lengkap sudah 14 gol yang masuk ke gawang Gibraltar.

Sampai laga ketujuh, mereka sudah kebobolan 35 gol. Gibraltar juga mencatat rekor tak pernah sekalipun mencetak gol selama penyisihan grup.