Hasil Kualifikasi Euro 2024: Inggris dan Prancis Pesta Gol
Timnas Inggris memenangi laga kualifikasi Euro 2024 Grup C. (Foto: Twitter/@England)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional (timnas) Inggris dan Prancis pesta gol dalam matchday ke-3 kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024, Sabtu dini hari WIB.

Inggris bertandang ke Ta'Qali National Stadium, markas Malta, dalam pertandingan Grup C. Gol tim tamu tercipta lewat bunuh diri Ferdinando Apap, Trend Alexander-Arnold, Harry Kane dan Callum Wilson.

Inggris membuka skor ketika laga baru berjalan delapan menit. Bek Malta, Ferdinando Apap mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Bukayo Saka. Skor menjadi 1-0.

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-28 lewat gol Trent Alexander-Arnold. Pemain Liverpool itu melepaskan bola tembakan dari luar kotak penalti yang menjebol gawang Malta. Inggris unggul 2-0.

Inggris mendapat hadiah penalti dua menit kemudian karena Harry Kane dijatuhkan pemain lawan di kotak terlarang. Penyerang Tottenham Hotspur itu maju sebagai eksekutor dan sukses mengubah skor menjadi 3-0.

Selepas jeda istirahat, Inggris tetap bermain agresif di babak kedua. Wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Inggris pada menit ke-83 setelah pemain Malta, Steve Borg melakukan handball.

Kali ini giliran Callum Wilson yang mengeksekusi tendangan penalti. Dia berhasil menaklukkan kiper Malta, Henry Bonello dan membawa Inggris menjauh 4-0.

Skor 4-0 untuk Inggris bertahan hingga pluit panjang berbunyi. Skuat asuhan Gareth Southgate membawa pulang tiga poin.

Kemenangan ini membuat Inggris kukuh di puncak Grup C dengan 9 poin. Malta tidak beranjak dari posisi buncit tanpa meraih satu pun poin dari tiga pertandingan.

Prancis kalahkan Gibraltar 3-0

Sementara itu, Prancis juga menang meyakinkan lawan Gibraltar tiga gol tanpa balas dalam matchday ke-3 Grup B di Stadion Algarve, Portugal pada Sabtu dini hari WIB.

Tiga gol Prancis masing-masing dicetak oleh Oliver Giroud, Kylian Mbappe dan bunuh diri Aymen Mouelhi.

Tim tamu sudah langsung unggul saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Kingsley Coman bergerak di sisi kanan dan melepaskan umpan silang yang disundul Olivier Giroud masuk ke gawang kiper Gibraltar, Dayle Coleing. Prancis unggul 1-0.

Prancis menambah keunggulan jelang akhir babak pertama setelah wasit menghadiahkan penalti akibat handball Roy Chipolina. Kylian Mbappe maju sebagai eksekutor dan sukses mengubah skor menjadi 2-0.

Prancis kembali mencetak gol pada menit ke-78. Kali ini dari gol bunuh diri, setelah umpan silang mendatar Mbappe mengenai Aymen Mouelhi dan masuk ke gawangnya sendiri.

Tidak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Prancis menang 3-0 dan masih sempurna dari tiga pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Tim asuhan Didier Deschamps itu memimpin Grup B dengan sembilan poin, disusul Yunani dan Belanda yang masing-masing merebut tiga poin.

Sementara Gibraltar masih tanpa angka di dasar klasemen, kalah selisih gol dari Republik Irlandia.

Berikut hasil lengkap pertandingan Kualifikasi Euro 2024 pada 16 dan 17 Juni:

Jumat 16 Juni 2023

Finlandia 2-0 Slovenia

Sabtu 17 Juni 2023

Malta 0-3 Inggris

Latvia 2-3 Turki

Makedonia Utara 2-3 Ukraina

Kosovo 0-0 Rumania

Yunani 2-1 Irlandia

Belarus 1-2 Israel

Wales 2-4 Armenia

Denmark 1-0 Irlandia Utara

Gibraltar 0-3 Prancis

San Marino 0-3 Kazakhstan