Bagikan:

JAKARTA – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 untuk pertama kalinya akan hadir di Sudirman Grand Ballroom, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 22-26 November 2023.

Kehadiran GIIAS 2023 diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Hal itu yang diungkapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat.

“Kami mengharapkan GIIAS 2023 mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor,” ucap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar, Dedi Taufik, dalam keterangan resmi Pemprov Jabar.

Menurut Dedi, ada sekitar 25 juta kendaraan, sebanyak 16 juta yang terdaftar dan 10,6 juta di antaranya membayar pajak. Kini, Pemprov Jabar akan mendorong pencapaian pendaftaran kendaraan baru seiring kehadiran GIIAS Bandung 2023.

“Untuk meningkatkan pendapatan, kami juga memberikan program menarik bagi pembeli kendaraan bermotor di GIIAS Bandung 2023," ujar Dedi.

Sementara itu, pemilihan Bandung sebagai tuan rumah GIIAS 2023 bukan tanpa alasan. Menurut Sekretaris Umum GAIKINDO, Kukuh Kumara, Jabar merupakan salah satu provinsi yang memiliki posisi penting dalam industri otomotif nasional.

Tercatat, ada 15,6 persen pangsa pasar kendaraan bermotor nasional berasal dari Jawa Barat dan menempati posisi kedua nasional dalam periode Januari-Agustus 2023.

“Penyelenggaraan GIIAS Bandung 2023 sangat berpotensi untuk terus tumbuh melihat perkembangan dan pencapaian industri otomotif di Jabar yang cukup pesat,” kata Kukuh.

“Saat ini posisi Jabar dalam peta pencapaian industri kendaraan bermotor nasional sudah sangat baik. Namun, kami rasa potensi Jawa Barat masih dapat terus didorong dan dimaksimalkan,” imbuhnya.

Pada penyelenggaraan perdananya, GIIAS Bandung 2023 akan menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari total 15 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling.

Kemudian tiga merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway, dan Royal Enfield serta berbagai industri pendukung otomotif juga turut hadir dalam pameran ini.