Dramatis, Gol Bunuh Diri Jelang Bubaran Loloskan Hungaria ke Euro 2024
Hungaria merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Euro 2024 setelah bermain imbang 2-2 melawan Bulgaria. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Hungaria secara dramatis lolos ke putaran final Euro 2024 setelah bermain imbang 2-2 melawan Bulgaria di laga Grup G di Stadion Nasional Vasil Levski, Jumat, 17 November dii hari WIB. Keberhasilan Hungaria justru ditentukan gol bunuh diri pemain Bulgaria di menit terakhir injury time.

Persaingan ketat di Grup G karena tidak hanya melibatkan Hungaria dan Serbia yang saling sodok demi mendapatkan tiket ke putaran final. Masih ada Montenegro dan Lithuania meski yang terakhir sudah tersingkir duluan dari persaingan.

Hanya Bulgaria yang gagal menjaga persaingan dan menduduki dasar klasemen tanpa pernah sekalipun memenangkan pertandingan. Di laga terakhir, Bulgaria gagal meraih kemenangan pertama setelah bermain imbang melawan Hungaria di kandang sendiri.

Ironis karena kegagalan itu disebabkan gol bunuh diri Alex Petkov yang mengubah skor menjadi 2-2. Bulgaria pun menutup laga dengan tambahan satu poin.

Sebaliknya, tambahan satu poin itu sangat berarti bagi Hungaria. Pasalnya Dominik Szoboszlai dkk bisa mengantungi poin 15 dan mengukuhkan posisi di puncak klasemen sekaligus merebut tiket ke putaran final.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, poin Hungaria sudah tak bisa dikejar Montenegro yang menduduki peringkat tiga dengan poin 11.

Hungaria yang dimotori Szoboszlai, bintang Liverpool, pun lolos ke Piala Eropa untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. 

Persaingan tetap menarik sampai akhir karena Montenegro berhasil menang 2-0 atas Lithuania sehingga masih berpeluang lolos mendampingi Hungaria. Syaratnya, mereka harus mengalahkan Hungaria yang bertindak sebagai tuan rumah di laga terakhir, 19 November malam WIB.

Namun Montenegro masih bergantung pada hasil pertandingan Serbia yang melawan tim lemah, Bulgaria. Menduduki peringkat dua dengan poin 13, Serbia harus bisa mengalahkan Bulgaria. Bila target itu tercapai, Serbia yang akan lolos. 

Hungaria sendiri, dalam laga melawan Bulgaria, harus bekerja keras sebelum meraih poin di kandang lawan. Mereka melakukan start bagus dan unggul lebih duu saat sundulan Martin Adam dari jarak dekat yang meneruskan free kick kapten Szoboszlai di menit 10.

Sayangnya, keunggulan mereka tak bertahan lama. Di menit 24, Bulgaria menyamakan skor melalui Spas Delev saat tendangannya menembus sudut atas gawang Hungaria.

Dalam posisi imbang 1-1, tuan rumah malah nyaris kehilangan dua pemain sekaligus, Valentin Antov dan Ilia Gruev, yang mendapat kartu merah.

Namun wasit kemudian meninjau insiden lewat VAR. Hasilnya, Gruev lolos dari hukuman dan batal diusir. Sebaliknya Antov tetap menerima kartu kuning kedua yang disusul kartu merah.

Di babak kedua, Hungaria juga ikut kehilangan seorang pemain. Kali ini, Milos Kerkez yang mendapat kartu merah di menit 57. Kedua tim sama-sama bermain dengan 10 orang. 

Bulgaria ternyata berhasil memanfaatkan situasi itu. Mereka berbalik unggul setelah mencetak gol dari titik penalti di menit 79. Penalti dituntaskan dengan baik oleh Kiril Despodov dan mengubah skor menjadi 2-1.

Saat Bulgaria mulai frustrasi karena gagal meraih poin, mereka malah diselamatkan gol bunuh diri Petkov di menit 90+7.

Sundulan Petkov yang hendak membuang bola saat Hungaria mendapat sepak pojok malah berujung gol bunuh diri. Pasalnya, bola meluncur ke gawang sendiri.

Skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan sampai akhir laga. Gol bunuh diri Petkov pun meloloskan Hungaria ke Jerman.