Bagikan:

JAKARTA - Skotlandia vs Hungaria tersaji pada laga ketiga Grup A Euro 2024 di MHP Arena, Senin, 24 Juni 2024, pukul 02.00 WIB.

Opta memprediksi pertarungan akan ketat dengan presentase kemenangan tak jauh berbeda. Peluang Skotlandia menang 37,6 persen, sedangkan kans Hungaria menang 37,8 persen.

Catatan pertemuan Skotlandia vs Hungaria pun minim. Menurut data Soccerway, mereka baru berjumpa sebanyak dua kali. Masing-masing mengemas satu kemenangan di dua partai persahabatan itu.

Meski statistik tidak ada yang lebih diunggulkan, kedua tim sama-sama berambisi meraup poin sempurna. Kemenangan menjadi jalan terakhir untuk merebut tiket babak gugur Euro 2024.

Skotlandia ada di posisi sedikit lebih baik. Mereka ada di tangga ketiga klasemen Grup A dengan satu poin dari dua laga, sedangkan Hungaria masih di dasar klasemen tanpa poin.

Kemenangan membantu pasukan Steve Clarke ke 16 besar Euro 2024 melalui jalur empat peringkat ketiga terbaik.

Skotlandia saat ini masih di luar empat besar peringkat ketiga terbaik alias tangga kelima. Jika mereka cuma meraih hasil seri, jalan Skotlandia masih terbilang belum aman.

Setali tiga uang dengan Hungaria. Kemenangan bisa membawa mereka menggusur Skotlandia dan berjuang di jalur peringkat ketiga terbaik untuk ke fase gugur.

Masalahnya, Hungaria tak punya perjalanan apik di Euro. Hingga saat ini, mereka tidak pernah menang dalam delapan laga beruntun (empat seri dan empat kekalahan) sepanjang tiga edisi Euro (2016, 2020, dan 2024).

Hungaria menjadi tim kedua dengan tanpa kemenangan beruntun terbanyak di Euro. Tim di daftar pertama ialah Rusia antara tahun 1988-2004 dengan sembilan laga tanpa kemenangan.

Meski demikian, Hungaria tak mau menyerah. Mereka punya kans ke fase gugur dengan catatan menampilkan permainan seperti melawan Jerman.

Anak asuh Marco Rossi bisa melepaskan 11 tembakan, terbanyak yang diterima Jerman sepanjang keikutsertaan di Euro. Hungaria hanya kalah dari Belanda yang berhasil mengancam 14 kali ke gawang Jerman pada Euro 2012.

Pertemuan Skotlandia vs Hungaria merupakan bentrok pertama mereka sejak Maret 2018. Kala itu, Skotlandia menang tipis 1-0 melalui gol tunggal Matthew Phillips.

Sementara itu, keduanya belum pernah bentrok di turnamen resmi. Pertemuan sebelumnya hanya sebatas laga persahabatan.

Hungaria diunggulkan tipis bisa menang atas Skotlandia. Sebanyak 24,6 persen sisanya diprediksi berakhir seri.

Hanya saja, menurut Opta peluang Skotlandia lolos ke fase gugur sebesar 42,8 persen, sedangkan Hungaria hanya memiliki kans 27,4 persen.

Prakiraan Formasi

Skotlandia (3-4-1-2): Angus Gunn; Grant Hanley, Jack Hendry, Scott McKenna; Billy Gilmour, Callum McGregor, Andy Robertson, Anthony Ralston; Scott McTominay; Che Adams, John McGinn

Pelatih: Steve Clarke

Hungaria (3-4-2-1): Peter Gulacsi; Attila Fiola, Attila Szalai, Willi Orban; Milos Kerkez, Adam Nagy, Andras Schafer, Bendeguz Bolla; Dominik Szoboszlai, Roland Sallai; Barnabas Varga

Pelatih: Marco Rossi