Bagikan:

JAKARTA - Empat wasit asal Argentina dipulangkan UEFA karena melakukan kesalahan pada laga terakhir Grup A antara Skotlandia vs Hungaria, 23 Juni 2024 waktu setempat.

Perinciannya, wasit yang didepak UEFA ialah satu wasit utama, dua asisten wasit, dan satu wasit VAR.

Keputusan UEFA didasari pengabaian klaim penalti Skotlandia, baik wasit utama maupun VAR.

Wasit utama Facundo Tello membuat pelatih Skotlandia, Steve Clarke marah ketika tak memedulikan pelanggaran Willi Orban terhadap Stuart Amstrong.

"Dia dari Argentina. Mengapa saya bertanya padanya? Dia mungkin tidak bisa berbicara bahasa tersebut. Aku tidak tahu."

"Kenapa dia ada di sini? Mengapa tidak ada wasit Eropa?" kata Steve Clarke kepada The Sun.

Bahkan, UEFA faktanya melihat ada satu insiden lain di kotak penalti yang luput dari para wasit yang bertugas di laga Skotlandia vs Hungaria.

Insiden yang dimaksud ialah sikutan pemain Skotlandia, Grant Hanley, terhadap Endre Botka yang ditafsirkan sebagai penalti untuk Hungaria.

Selain Tello, UEFA juga mengistirahatkan dua asisten wasit, Gabriel Chade dan Ezequiel Brailovsky, terkait kesalahan tersebut.

Sementara itu, wasit VAR, Alejandro Hernandez, memilih mengundurkan diri. Dia dianggap UEFA gagal melakukan intervensi terhadap dua insiden di kotak penalti pada laga tersebut.

Meski demikian, ada spekulasi bahwa Tello akan diberikan penunjukan resmi keempat di babak gugur dalam upaya untuk mempertahankan perjanjian timbal balik antara UEFA dan Conmebol.

Kesepakatan antara UEFA dan Conmebol telah menampilkan Maurizio Mariani dari Italia di Copa America 2024, yang mana ia menjadi wasit di laga Amerika Serikat vs Bolivia.

Hanya saja, Tello tampaknya harus membayar harga atas apa yang dianggap sebagai kesalahan besar oleh UEFA.

Sejauh ini, UEFA berarti telah mengistirahatkan enam dari 19 wasit yang bertugas di Euro 2024.