Bagikan:

JAKARTA - Skotlandia dipastikan gugur pada fase grup Euro 2024 setelah mengalami kekalahan dari Hungaria pada Senin, 24 Juni 2024.

Mereka hanya meraup satu poin dari tiga laga dan menghuni dasar klasemen Grup A.

Bintang Liverpool yang juga kapten Skotlandia, Andrew Robertson, tak bisa menutupi kekecewaannya.

"Sejujurnya tidak ada yang perlu dikatakan, kami telah memberikan segalanya. Kedua tim harus menang. Kami punya peluang, tapi itulah sepak bola, begitulah yang terjadi," kata Robertson selepas laga Skotlandia vs Hungaria.

Pemain 30 tahun itu mengakui pertemuan Skotlandia vs Hungaria merupakan laga hidup-mati. Skotlandia sudah berusaha sekeras mungkin untuk unggul, tapi upaya mereka gagal.

Pada pengujung laga tepatnya menit ke 90+10, Skotlandia mendapat pukulan telak dari gol pemain Hungaria, Kevin Csoboth.

Gol semata wayang itu menjadi gol kemenangan Hungaria yang membuka peluang ke fase gugur Euro 2024 melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

"Butuh waktu lama untuk mengatasi hal ini. Kami banyak menguasai bola di babak pertama tanpa melakukan apa pun, kami mampu mengendalikannya."

"Kami harus menemukan keunggulan itu dan berusaha lebih keras lagi. Kami memang mengincarnya, tapi kami mendapat pukulan telak. Hasil imbang tidak akan cukup realistis."

"Kami harus mengatasi ini, ini sulit, sangat menghancurkan, tidak ada yang bisa dilakukan. Terserah kami mau mengambil seperti apa dari laga ini."

"Apa yang akan saya katakan adalah terima kasih kepada negara ini. Kami merasa semua orang mendukung kami. Kami tahu kegembiraan di negara kami, maaf karena telah mengecewakan Anda," ujar Robertson lagi.

Kekecewaan senada juga meluncur dari kiper Skotlandia, Angus Gunn. Meski demikian, dia mengungkapkan bahwa tim Skotlandia sudah memberikan yang terbaik sepanjang turnamen untuk negaranya.

"Sulit untuk berbicara jujur. Saya pikir semua orang memberikan yang terbaik. Gol pada akhirnya terjadi. Saya pikir upaya yang kami berikan hari ini menunjukkan kepada para penggemar dan negara betapa berartinya hal tersebut bagi kami."

"Mereka berhasil melakukan serangan balik pada akhir pertandingan. Itu merupakan pukulan yang buruk karena saya pikir kami bertahan dengan sangat baik hampir sepanjang pertandingan," tutur Gunn.

Skotlandia menjadi tim kedua yang gagal ke babak gugur Euro 2024. Sebelumnya, Polandia sudah angkat koper karena selalu kalah dalam dua pertandingan Grup D.

Kemenangan melawan Perancis di laga terakhir grup pun tak akan membuat Polandia beranjak dari dasar klasemen.