Bagikan:

JAKARTA - Hungaria menang tipis 1-0 atas Turki di laga uji coba yang digelar di Stadion Puskas Arana, Budapest, Sabtu, 23 Maret 2024 dini hari WIB. Bintang Liverpool Dominik Szoboszlai mencetak satu-satunya gol yang memenangkan Hungaria.

Duel sesama pelatih Italia. Marco Rossi sukses membawa Hungaria lolos ke putaran final Euro 2024 dengan hasil ciamik.

Mereka tak pernah kalah dan menjadi juara grup dengan meraih 18 poin. Produktivitas gol Szoboszlai dkk pun cukup tinggi, yaitu 16.

Performa Hungaria di bawah Rossi memang cukup mengesankan. Mereka menang sembilan kali, imbang lima kali dan hanya kalah dua kali dalam 16 pertandingan.

Hungaria sukses mengalahkan Inggris dan Jerman yang menunjukkan mereka memang siap bersaing di Piala Eropa.

Pada tujuh laga kandang terakhir, Hungaria juga tak pernah kalah. Ini menjadi modal berharga Hungaria saat menjamu Turki di laga uji coba.

Sementara, Turki pun lawan enteng. Hakan Calhanoglu dkk menunjukkan kebangkitan sejak ditangani Vincenzo Montella. Mantan pemain AS Roma dan timnas Italia ini sempat diragukan membenahi Turki.

Namun Montella membuktikan kinerjanya dengan meloloskan Turki ke Jerman. Turki tampil sebagai juara grup mengungguli Kroasia dan Wales yang haus melakoni play-off untu mendapatkan tiket ke Euro 2024.

Dalam duel itu, Hungaria harus bekerja keras sebelum mengalahkan Turki. Pertandngan berjalan imbang sampai akhirnya Hungaria yang berhasil unggul.

Gol Hungaria dicetak Szoboszlai dari titik penalti saat babak kedua baru berjalan satu menit. Penalti diberikan setelah Enes Unal dinilai melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Eksekusi dituntaskan dengan Szoboszlai, pemain pertama Hungaria yang bermain untuk Liverpool. Skor 1-0 itu bertahan sampai akhir laga.