Kalahkan Serbia, Hungaria Bisa Jadi Kuda Hitam di Euro 2024
Kapten Hongaria Dominik Szoboszlai (kiri) merayakan gol di laga kualifikasi Euro 2024 melawan Serbia. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Hungaria selangkah lagi lolos ke putaran final Euro 2024 Jerman. Kemenangan 2-1 atas Serbia di laga Grup G babak kualifikasi di Stadion Puskas Arena, Minggu, 15 Oktober dini hari WIB, memantapkan posisi Hungaria di puncak klasemen. Bila lolos, Hungaria bisa jadi kuda hitam di Piala Eropa.

Hungaria sudah lama tidak lolos di Piala Dunia. Terakhir kali, mereka tampil di Piala Dunia 1986 dan hanya bertahan di babak penyisihan grup.

Hal sama ketika Hungaria berlaga di Piala Eropa. Tim Hungaria yang pernah menjadi salah satu kekuatan Eropa pada 1930 sampai 1950 dengan julukan legendaris The Magnificent Magyars saat memunculkan Fernes Puskas cukup lama absen di turnamen sepak bola terbesar di benua biru.

Namun pada dua gelaran terakhir di Euro 2016 dan 2020, mereka bisa lolos ke putaran final. Bahkan di Euro 2016, tim yang saat itu ditangani pelatih asal Jerman Bernd Storck mampu menembus 16 besar.

Kini, Hungaria berpeluang besar tampil di Piala Eropa untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Terutama setelah pasukan Marco Rossi mengalahkan Serbia.

Kemenangan tersebut memantapkan posisi Hungaria di puncak klasemen dengan poin 13. Unggul tiga poin dari Serbia yang menduduki peringkat dua. Namun Hungaria masih menyimpan satu pertandingan sisa yang memperbesar peluang mereka lolos ke putaran final.

Hungaria butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan tiket terbang ke Jerman. Dan, itu akan ditentukan pada laga melawan Lithuania, Rabu, 18 Oktober dini hari WIB.

Bila lolos, Hungaria dipastikan menjadi kuda hitam di Jerman. Pasalnya, mereka tidak termasuk tim unggulan tetapi memiliki kemampuan membuat kejutan. Apalagi, materi pemain saat ini cukup mumpuni.  

Sementara, Serbia bersaing dengan Montenegro yang menduduki peringkat tiga dengan poin delapan. Mereka akan bertemu di kandang Serbia untuk menentukan langkah siapa yang berpeluang lolos ke putaran final.

Dalam duel melawan Serbia di kandang sendiri, Hungaria yang dimotori bintang Liverpool Dominik Szoboszlai menunjukkan permainan terbaik.

Mereka unggul lebih dulu saat striker Barnabas Varga yang menyambus assist Loic Nego membobol gawang Serbia di menit 20.

Tertinggal 1-0 tak membuat Serbia patah semangat. Mereka mencoba menekan lawan dengan permainan menyerang. Hasilnya, Serbia tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Gol tim tamu dihasilkan Strahinja Pavlovic di menit 33.

Laga kian seru setelah kedudukan imbang 1-1. Namun tuan rumah langsung bangkit. Hanya berselang satu menit, The Magyarok atau Magyars berhasil unggul lagi.

Kali ini, Roland Sallai yang mengubah skor menjadi 2-1. Lagi-lagi, Nego yang berperan dalam proses terciptanya gol dengan membuat assist.

Di babak kedua, Hungaria masih mencoba menekan untuk memperbesar keunggulan. Hanya saja Serbia pun berharap bisa kembali menyamakan skor. Namun tidak ada gol tercipta sehingga skor 2-1 untuk Hungaria bertahan sampai akhir laga.