Mantan Kiper Chelsea, Petr Cech, Lanjutkan Karier Hoki Es dengan Gabung Belfast Giant
Petr Cech gabung Belfast Giant dengan status pinjaman (Instagram/@petrcech).

Bagikan:

JAKARTA – Petr Cech, mantan kiper Chelsea dan Timnas Republik Ceska, ternyata punya karier olahraga di luar dugaan.

Setelah tenar sebagai kiper dengan sederet prestasinya, dia melanjutkan perjalanan dengan berpindah cabang olahraga, yaitu hoki es, sejak pensiun dari sepak bola empat tahun lalu.

Awal memulai perjalanan di hoki es, Cech bergabung Guildford Pheonix sebelum akhirnya pindah pada 2023 ke Oxford City yang tampil di National Ice Hockey League South Division One, liga level tertinggi Divisi Selatan Inggris Raya.

Kiprah Cech sebagai goaltender (penjaga gawang hoki es) cukup mengesankan. Dia pernah menjadi Man of The Match di salah satu laga Oxford City. Pencapaian itu diraih usah menyelamatkan 62 dari 64 tembakan yang mengarah ke gawangnya.

Kini, karier Cech di hoki es berlanjut. Orxford City resmi meminjamkan pemain 41 tahun itu ke Belfast Giant yang bermain di Elite Ice Hockey League, liga top nasional Inggris Raya.

Pelatih Belfast Giant, Adam Keefe, sangat senang dengan bergabungnya Cech meski punya durasi kontrak pendek.

“Kami sangat menghargai dukungan Oxford City Stars dan Petr Cech. Petr Cech adalah atlet berprestasi. Dia tahu apa yang diperlukan untuk tampil di level tertinggi. Jadi, dukungan selama masa peminjaman ini akan sangat berharga,” kata Keefe di The Independent.

Petr Cech pindah ke Inggris dari Rennes pada 2004 sebagai salah satu rekrutan awal era Roman Abramovich di Chelsea.

Ia memenangi empat gelar Liga Inggris selama 11 tahun di Stamford Bridge, lima Piala FA, tiga Piala Liga, Liga Champions, dan Liga Europa.

Dia menandatangani kontrak dengan Arsenal pada 2015 dan bermain untuk The Gunners hingga gantung sepatu empat tahun kemudian.

Cech sudah membuat total lebih dari 440 penampilan di Liga Inggris. Dia juga meraup 124 penampilan untuk Republik Ceska selama 14 tahun karier internasional.