Bagikan:

JAKARTA - Jean-Claude Blanc, mantan Presiden Juventus dan Direktur Paris Saint-Germain, dikabarkan menduduki posisi CEO Manchester United.

Menurut Footmercato di Perancis, Blanc didapuk memimpin Si Setan Merah usai Jim Ratchliffe menyelesaikan pembelian 25 persen saham klub Liga Inggris tersebut.

Total, Ratchliffe mengeluarkan biaya sekitar 1,5 miliar euro atau sekitar Rp25,2 triliun untuk pembelian saham itu.

Transaksi itu terjadi selepas Richard Arnold, yang menjabat General Manager Manchester United selama 16 tahun, mundur dari jabatannya pada 15 November 2023.

Sebagaimana diketahui, Blanc didatangkan ke Juventus pada 2006 untuk membantu menghidupkan kembali klub setelah skandal calciopoli, yang membuat mereka terdegradasi ke Serie B dan kehilangan dua gelar Serie A.

Blanc lantas memiliki beberapa peran berbeda selama berada di Turin, yaitu Direktur dari tahun 2006 hingga 2009, Presiden hingga Mei 2010 ketika ia menjadi CEO.

Pria 60 tahun itu akhirnya meninggalkan Si Nyonya Tua pada 2011 dan tak lama kemudian menjadi Direktur Paris Saint-Germain hingga Desember 2022.

Pencapaian terbesar Blanc di Juventus ialah menyelesaikan proyek merobohkan Stadio Delle Alpi dan membangun Stadion Allianz Juventus.

Catatan itu monumental karena menjadi pertama kali klub Italia mampu membangun stadion sendiri.