Shin Tae-yong Percaya Kemampuan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Shin Tae-yong yakin dengan kemampuan Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan bertandang ke markas Irak pada Kamis, 16 November 2023.

Menjelang laga tersebut, Shin Tae-yong, pelatih Skuad Garuda, menyadari kemampuan tuan rumah yang lebih unggul ketimbang pasukannya.

Meski begitu, pelatih asal Korea Selatan ini tetap percaya diri dengan kemampuan anak didiknya yang akan tampil di Stadion Internasional Basra.

Keyakinan Shin Tae-yong akan anak asuhnya tak lepas dari usaha yang telah dilakukan sejauh ini.

“Ini adalah laga tandang kami dan secara objektif serta realitanya Irak jauh lebih baik dibandingkan kita,” buka Shin Tae-yong saat konferensi pers pada Rabu, 15 November 2023.

“Mereka juga punya pemain yang mumpuni. Namun, kami telah melakukan persiapan yang baik sejauh ini sehingga kami akan melakukan yang terbaik besok,” lanjut sang pelatih.

Perlu diketahui, secara peringkat FIFA, Irak memiliki posisi lebih tinggi ketimbang Indonesia. Pasukan Singa Mesopotamia ada di posisi ke-68, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-145.

Sebagai persiapan matang melakoni laga penting ini, Shin Tae-yong telah memboyong 25 pemain. Ramadhan Sananta yang belakangan tampil gemilang juga diboyong untuk membantu daya serang tim.

Sementara itu, Shin Tae-yong menyadari bahwa tekanan bakal datang bukan cuma dari kualitas lawan, tapi juga dari dukungan suporter tuan rumah.

Karena itu, sang pelatih telah menekankan agar anak asuhnya fokus untuk menikmati pertandingan.

“Semua pendukung sepak bola di Asia memiliki passion yang besar. Tentu saja, fan sepak bola Irak juga sangat mendukung timnya dengan penuh semangat,” kata Shin Tae-yong.

“Saya telah menekankan kepada para pemain agar bisa menikmati laga meskipun mereka mendapat tekanan dari para fan Irak,” tutur sang pelatih.

Indonesia akan melakoni jadwal padat pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selepas bertamu ke Irak, mereka akan bertolak ke Filipina untuk menjalani laga kedua.