Bas Dost Terjatuh dan Perlu Perawatan Medis, Laga AZ Alkmaar Lawan NEC Nijmegen Terpaksa Dihentikan
Keceriaan Bas Dost setelah mencetak gol untuk NEC Nijmegen. (foto: twitter @necnijmegen ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Laga AZ Alkmaar melawan NEC Nijmegen, pada Minggu 29 Oktober, di Stadion AFAS, harus dihentikan akibat kecelakaan medis yang melibatkan Bas Dost. Seperti dilaporkan oleh Voetbal International, striker NEC itu tiba-tiba jatuh ke tanah di sekitar garis tengah lapangan. Namun Dost, yang berusia 34 tahun, kembali sadar dan dilarikan dari lapangan.

Dost, yang terlihat selama bermain untuk Club Brugge, melemparkan bola kepada pemain AZ untuk tendangan bebas, mundur beberapa langkah, dan tiba-tiba  tanpa kontak dengan pemain lain di lapangan, ia jatuh ke tanah. Awalnya, tidak ada yang menyadari apa yang terjadi, dan pertandingan berlanjut.

Tiba-tiba wasit Jeroen Manschot menyadari bahwa Dost sangat memerlukan bantuan medis. Layanan darurat segera bergerak masuk ke lapangan untuk merawat mantan striker Sporting tersebut. Sementara para pemain melindungi Dost dari pandangan kamera ketika dia diberi perawatan oleh petugas medis sebelum selembar kain putih besar juga digunakan untuk memblokir pandangan penonton dan kamera.

Setelah beberapa menit perawatan, mantan striker Club Brugge, Dost, dibawa keluar dari lapangan dengan tandu dan memastikan kepada para penggemar di AFAS Stadion bahwa dia sadar dengan mengangkat tangannya. Hal ini dikonfirmasi melalui media sosial oleh NEC dan AZ.

Pertandingan tersebut harus dihentikan, tetapi apakah pertandingan akan diulang atau hasilnya akan ditentukan masih harus diputuskan. Pada saat Dost mendapat perawatan, NEC memimpin 2-1 berkat gol dari striker Belanda itu dan Magnus Mattsson, yang memberi tim tamu keunggulan sebelum Vangelis Pavlidis mencetak satu gol balasan untuk tuan rumah.

Sebelumnya musim ini, juga terjadi insiden antara RKC Waalwijk dan Ajax, ketika kiper Etienne Vaessen memerlukan perawatan cedera yang panjang setelah bertabrakan dengan Brian Brobbey. Kini, segalanya berjalan ke arah yang benar bagi kiper Brabant tersebut, seperti yang dikonfirmasi pada Sabtu malam.