Bagikan:

JAKARTA - AC Milan gagal meraih kemenangan atas Napoli dalam big match di Serie A Italia. Dalam duel di Stadion Diego Armando Maradona, Senin,30 Oktober dini hari WIB, Milan yang sudah unggul lebih dulu akhirnya bermain imbang 2-2 melawan Napoli.

Hasil yang kurang memuaskan karena Milan melakukan start bagus dan berpeluang memenangkan pertandingan. Bahkan Milan sempat leading mudah dua gol lewat Olivier Giroud.

Hanya, Milan gagal mempertahankan keunggulan. Napoli berhasil mengejar ketinggalannya dan memaksakan hasil imbang.

Napoli sesungguhnya nyaris meraih kemenangan bila sepakan Khvicha Kvaratskheli tidak diselamatkan secara gemilang oleh kiper Mike Maignan di menit terakhir pertandingan.

Tambahan satu poin di laga tandang menggagalkan upaya Milan menjaga jarak poin dengan pimpinan klasemen, Inter Milan. Kini, Milan yang turun ke peringkat tiga memiliki poin 22. Terpaut tiga poin dari Inter yang di laga sebelumnya menang 1-0 atas AS Roma.

Milan yang sebelumnya menduduki peringkat dua juga kalah poin dengan Juventus. Kemenangan 1-0 atas Verona menjadikan Juve sempat merebut posisi puncak. Tetapi La Vecchia Signora kemudian turun ke posisi dua setelah mengantungi poin 23.

Sementara, Napoli berhasil masuk empat besar meski mendapat satu poin saja. Sang juara bertahan memiliki poin 18 dan berada di peringkat empat.

Laga besar Napoli melawan Milan memang berlangsung ketat. Napoli unggul penguasaan bola pada paruh pertama babak pertama. Namun Milan justru yang berhasil mengambil keuntungan dengan membobol gawang tuan rumah.

Milan membuka keunggulan saat sundulan Giroud sukses menembus gawang Napoli di menit 22. Dirinya menyambut umpan silang Cristian Pulisic dengan baik untuk membawa Milan leading 1-0.

Ketergantungan Rossoneri terhadap striker veteran ini memang terbukti. Seperti analisis eks pelatih Milan Fabio Capello bahwa tim seperti tak punya alternatif selain Giroud.

Terbukti, penyerang timnas Perancis ini kembali membobol gawang Napoli sekaligus mencetak brace di menit 31. Kali ini assist dari Davide Calabria yang dituntaskan dengan baik oleh Giroud.

Setelah dua gol itu, posisi Milan sedikit di atas angin sehingga mempersulit Napoli mengejar ketinggalan. Sampai akhir babak pertama, skor 2-0 untuk Milan masih bertahan.

Di babak kedua, Napoli mengambil inisiatif menyerang. Pelatih Rudi Garcia tak ingin Napoli kehilangan poin di kandang sendiri sehingga mereka menerapkan strategi ofensif.

Hasilnya, pertandingan baru berjalan lima menit, Napoli mampu memperkecil ketinggalan. Gol tuan rumah dihasilkan Matteo Politano lewat tendangan kaki kiri yang menyambut assist dari Giovanni Di Lorenzo.

Dalam keadaan 2-1, Milan berhasil mengambil alih kendali permainan. Mereka unggul dalam penguasaan bola sehingga sempat menekan pertahanan Napoli.

Meski demikian, Napoli yang menunjukkan efektivitas permainan malah bisa mencetak gol kedua.

Gol Napoli tercipta oleh striker Giacomo Raspadori di menit 63. Tendangan bebas pemain timnas Italia ini sukses menembus gawang Milan.

Skor berubah menjadi 2-2. Pertandingan tetap hidup dan kedua tim masih berusaha mencetak gol.

Saat laga memasuki injury time, Napoli mendapat peluang bagus melalui Kvaratskheli. Sayangnya, dia gagal menuntaskan peluang itu karena penyelamatan Maignan. Skor tetap 2-2 sampai akhir laga.