Bagikan:

JAKARTA - Anthony Joshua mengatakan pertandingannya melawan Deontay Wilder bisa menjadi bagian dari acara ganda sensasional bersama pertarungan Tyson Fury melawan Oleksandr Usyk.

Juara dunia kelas berat, Fury, dan Usyk telah sepakat bertarung pada bulan Oktober untuk perebutan juara sejati kelas berat  yang bersejarah. Peertarungan ini  akan berlangsung di Riyadh, Arab Saudi.

"Mereka ingin menyelenggarakan pertarungan Usyk-Fury, Joshua-Wilder pada malam yang sama. Itu mungkin tidak terjadi sampai bulan April," kata Joshua kepada BBC Sport dan outlet lainnya di sela-sela Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, pada  Minggu, 22 Oktober.

Mantan juara kelas berat dunia dua kali, Joshua,  sangat dikaitkan dengan pertarungan melawan petinju keras asal Amerika, Deontay Wilder. "Kami telah menyetujui jumlah uang, kami telah menyetujui segalanya," kata promotor Eddie Hearn. 

Namun pertarungan tersebut gagal terlaksana dan tidak ada kontrak yang pernah ditandatangani antara kedua pihak.

Fury, yang berusia 35 tahun, harus terlebih dahulu lolos tanpa cedera dalam pertarungan non-gelar melawan bintang MMA, Francis Ngannou, pada  Sabtu 28 Oktober di Riyadh.

"Ketika Fury melalui pertarungan dengan Ngannou, akan menjadi akhir Oktober atau awal November, jadi saya ragu dia akan segera bersiap untuk Usyk dan bertarung pada bulan Desember, itu terlalu singkat," kata Joshua.

"Jadi jendela berikutnya kemungkinan akan pada bulan Maret-April, jadi itu kemungkinan pertarungan undisputed akan terjadi," tambahnya. "Kemudian, jelas apa yang diberitahukan ke kami bahwa mereka ingin menjadikannya acara besar dan mereka suka suara Joshua melawan Wilder pada kartu yang sama juga."

Briton Fury adalah juara WBC dan Usyk, yang berasal dari Ukraina dan berusia 36 tahun, memegang gelar WBA, WBO, dan IBF. Pemenangnya akan dinobatkan sebagai juara kelas berat sejati pertama dalam era empat sabuk, seperti saat ini.

Fury telah memenangkan 33 pertandingan dengan satu hasil imbang sejak beralih menjadi petinju profesional pada tahun 2008. Sementara Usyk - yang telah memenangkan semua 21 pertarungan profesionalnya - mempertahankan gelarnya melawan petinju London, Daniel Dubois pada  Agustus lalu.

"Pertandingan kelas berat selalu memikat imajinasi para penggemar, dan saya yakin ini akan menjadi acara tinju terbesar abad ini," kata promotor Fury, Frank Warren, pada  September lalu ketika pertarungan ini diumumkan, dengan tanggal yang direncanakan pada 23 Desember.

Fury memenangkan gelar dunia pertamanya setelah mengalahkan Klitschko pada tahun 2015. Setelah masalah kesehatan mental yang terdokumentasi dengan baik, dia kembali lebih dari dua setengah tahun kemudian. Dia berkompetisi dalam trilogi dengan Wilder dan, setelah hasil imbang dalam pertarungan pertama, mengalahkan petinju Amerika itu pada tahun 2020 untuk menjadi juara WBC.

Fury memenangkan pertarungan ketiga dengan Wilder dan sejak itu mempertahankan gelarnya melawan petinju Briton Dillian Whyte dan Derek Chisora.

Usyk adalah salah satu petinju terdekorasi di dunia. Petinju asal Ukraina ini, yang meraih medali emas Olimpiade 2012 di London, menjadi juara dunia undisputed sebelum mengalahkan   Joshua pada tahun 2021.

Joshua telah meraih dua kemenangan tahun ini, melawan Jermaine Franklin dan Robert Helenius, setelah mengalami dua kekalahan beruntun oleh Usyk ketika karirnya yang sebelumnya dominan mengalami kendala.

Dalam kenaikan pesatnya menjadi bintang, petinju yang meraih medali emas Olimpiade 2012 itu menjadi juara dunia dalam pertarungan ke-16nya, mengalahkan 20 lawan pertamanya dengan cara knockout, dan menyatukan divisi dalam pertarungan ke-21nya.

Di antara peristiwa-peristiwa tersebut, dia mengalahkan Klitschko pada tahun 2017 dalam pertandingan terakhir Klitschko dalam salah satu pertarungan terbaik sepanjang masa.

Wilder, yang berusia 38 tahun pada  Minggu, 22 Oktober, memegang gelar kelas berat WBC dari tahun 2015 hingga 2020, berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak 10 kali.

Dia hanya bertarung sekali sejak dua kekalahan pertamanya dari dua pertandingan melawan Fury, pada bulan Oktober 2021, mengalahkan Helenius dalam satu ronde setahun yang lalu.

Joshua kemungkinan akan bertarung pada  Desember Joshua mengatakan dia berencana untuk bertarung pada bulan Desember di London, mungkin di O2 atau Wembley Arena, melawan lawan yang belum diumumkan, sebelum menghadapi Wilder.