5 Laga Besar Tinju di Tahun 2023: Tyson Fury Vs Oleksandr Usyk Teratas
Petinju asal Inggris, Tyson Fury. (Foto: Twitter @Tyson_Fury)

Bagikan:

JAKARTA - Para penggemar tinju menantikan partai besar yang kemungkinan terjadi di tahun 2023. Ada sejumlah duel yang akan mempertemukan nama besar di tahun baru ini.

Di puncak daftar adalah megah pertarungan penyatuan empat sabuk divisi kelas berat untuk mencari juara dunia yang terbantahkan antara Tyson Fury kontra Oleksandr Usyk.

Kedua petinju ini dilaporkan sudah sepakat untuk bertemu di atas ring pada kuartal pertama Maret nanti. Keduanya pun sudah siap-siap meneken kesepakatan kontrak.

Duel antara Fury dan Usyk diperkirakan terjadi di Inggris atau di Timur Tengah. Lokasi dan berapa bayaran yang perlu diterima kedua petinju, saat ini pun sedang dalam diskusi.

Berikut ini lima duel tinju yang mungkin terwujud di tahun 2023:

Tyson Fury vs Oleksandr Usyk

Ini adalah pertarungan besar yang paling ditunggu oleh penggemar tinju sebab keduanya saat ini memegang keempat sabuk gelar dunia kelas berat utama.

Fury sebelumya sempat mengumumkan pensiun setelah mengalahkan Dillian Whyte pada April lalu. Namun, Si Raja Gipsi kemudian kembali beraksi melawan Derek Chisora pada awal Desember kemarin.

Sementara itu, Usyk yang memegang gelar WBA (Super), IBF, WBO dan IBO, terakhir bertarung melawan Anthony Joshua pada Agustus lalu. Ia menang dalam duel ulang itu untuk menjaga gelarnya.

Anthony Joshua vs Deontay Wilder

Anthony Joshua berada di bawah tekanan pada tahun ini setelah menderita kekalahan melawan Usyk. Peraih medali emas Olimpiade London 2012 berusia 33 tahun itu kehilangan gelar dunia kelas beratnya karena kalah angka dalam dua duel beruntun dengan petinju Ukraina itu.

Oleh karena itu, AJ otomatis akan berusaha mencari kemenangan pertamanya pada awal tahun ini setelah gagal melawan Tyson Fury pada Desember kemarin.

Sementara itu, Wilder sudah bangkit dari dua kekalahan melawan Tyson Fury dengan memukul Robert Helenius dalam kemenangan knock out (KO) brutal pada Oktober lalu.

Jake Paul vs Tommy Fury

Jake Paul dan Tommy Fury mungkin akan bertemu untuk ketiga kalinya. Fury kelas berat ringan memiliki rekor tinju profesional tak terkalahkan 8-0.

Petinju berusia 23 tahun itu seharusnya melawan Paul Bamba bulan lalu. Namun, ia gagal timbang badan sehingga cuma melawan Rolly Lambert dalam pertarungan eksibisi yang berakhir tanpa ada pemenang.

Ricky Hatton vs Manny Pacquiao

Dua legenda tinju inibbisa bertemu lagi di atas ring setelah lama pensiun dari olahraga yang membesarkan mereka. Hatton sebelumnya menelan kekalahan kedua dalam kariernya saat melawan Pacquiao pada tahun 2009.

Ketika itu ditakluk knock out pada ronde kedua dari petarung Filipina itu. Kekalahan yang membuat ia kehilangan gelar kelas welter ringan IBO dan The Ring.

Chris Eubank Jr vs Conor Benn

Kedua petinju ini seharusnya bertemu pada bulan Oktober. Sayangnya, Benn gagal dalam dua tes narkoba yang mengakibatkan pertarungan dibatalkan dan membuat ia harus terdepak dari peringkat dunia.

Meski demikian, belakangan ini Benn mengklaim timnya telah membuktikan bahwa dirinya tidak salah. Jika terbukti tidak bersalah dan dilepas dari larangan apa pun maka Benn akan bebas menghadapi Eubank Jr lagi untuk menyelesaikan perseteruan mereka.

Namun, Eubank Jr akan menghadapi Liam Smith terlebih dahulu pada 21 Januari mendatang.