Bagikan:

JAKARTA - Anthony Joshua mulai melempar isyarat untuk pensiun dari dunia tinju profesional.

Pernyataan itu muncul di tengah rumor yang mengaitkannya dengan pertarungan melawan juara dunia kelas berat tak terbantahkan antara Tyson Fury vs Oleksandr Usyk.

Namun, Joshua menyadari waktu terus berjalan dan dia sudah berada di puncak. Dia mengakui bahwa kariernya akan bergantung pada bagaimana kondisi tubuhnya, sebelum mengisyaratkan kemungkinan tanggal pensiunnya.

"Saya selalu bilang 35 tahun. Saya akan berusiah 35 tahun pada Oktober 2024. Saya berpikir dua tahun lagi atau lebih, jika tubuh saya bisa bertahan," kata juara kelas berat dua kali itu kepada The Jonathan Ross Show.

Meskipun tubuhnya menua, otak AJ membantunya mendapatkan kekayaan bersih sebesar 41 juta pound sebelum melawan Francis Ngannou pada awal Maret 2024.

Rencananya mendapatkan penghasilan dari luar dunia tinju sudah berjalan. Dia sudah tahu apa yang akan dilakukan selepas pensiun. Fakta itu membuat isyarat tentang kian dekatnya AJ gantung sarung tinju semakin kuat.

"Saya telah mendirikan bisnis tertentu yang dapat saya jalani secara alami," kata peraih medali emas Olimpiade London 2012 itu.

Joshua mengungkapkan bahwa dia pernah terjun ke bisnis pemasangan batu bata dan penjual paket liburan sebelum akhirnya terjun ke dunia tinju profesional.

Kini, selain masih fokus berlatih tinju untuk menghadapi kemungkinan melawan Tyson Fury atau Oleksandr Usyk, Joshua tengah mengembangkan bisnisnya.

Waktu senggang lainnya pun dia gunakan untuk menikmati hidupnya di luar tinju.

"Saya punya waktu untuk berkencan dan bergaul sedikit sekarang. Saya sedang berlatih saat ini, saya punya waktu dua bulan sebelum saya masuk kamp pelatihan."

"Saya pikir apa yang mereka katakan adalah bersabar karena Anda akan melihat Tyson Fury vs Oleksandr Usyk untuk semua sabuk juara. Setelah itu selesai, mudah-mudahan saya bisa membuka pintu dan mendapatkan kesempatan saya," tuturnya.

Tyson Fury dijadwalkan menghadapi Oleksandr Usyk pada 18 Mei 2024. Usyk merebut sabuk WBA, WBO, IBF dan IBO dari Anthony Joshua sebelum mempertahankannya dalam pertandingan ulang.

Sabuknya dipertaruhkan untuk perebutan gelar juara kelas berat tak terbantahkan melawan Fury saat ini memegang gelar WBC.