Bagikan:

JAKARTA – Petinju asal Inggris, Anthony Joshua (AJ), siap untuk bangkit kembali setelah menelan kekalahan terburuk dalam perjalanan kariernya ketika melawan Daniel Dubois untuk perebutan sabuk IBF.

AJ menelan kekalahan keempat dalam 11 tahun kariernya saat bertemu Dubois di Stadion Wembley, Inggris, pada Minggu, 22 September 2024, pagi WIB. Dalam duel itu, ia jatuh sebanyak empat kali sebelum dipukul knockout (KO) di ronde kelima.

Usai pertarungan itu, Joshua pun berjanji untuk segera bangkit. Ia berambisi untuk melanjutkan perjuangannya dan kembali menjadi juara dunia kelas berat kali ketiga.

"Kami gagal, tetap kami harus melihat semua sisi positif. Itulah perspektif dan pola pikir yang harus kami miliki."

"Lihat apa yang telah kami capai dalam kurun waktu selama 11 tahun dan sangat luar biasa," ujar Joshua dikutip Boxing Scene.

Kekalahan melawan Dubois ini dianggap sebagai ujung karier Joshua. Sebagian melihat hasil ini bisa memaksa Joshua untuk gantung sarung tinju dan menutup perjalanannya di olahraga tinju.

Meski demikian, Joshua sudah memastikan belum memikirkan untuk pensiun dan menyatakan masih ingin melanjutkan kariernya di tinju.

Joshua dan Dubois punya klausul tarung ulang yang kemungkinan bisa berlangsung tahun depan. Situasi itu bisa menjadi kesempatan buat Joshua untuk membalas kekalahannya sekaligus kembali menjadi juara dunia.

"Kami sudah melakukannya (juara dunia) satu kali. Kami kemudian melakukannya untuk kali kedua. Melakukannya untuk ketiga kalinya tidaklah mudah, tetapi saya yakin itu adalah sesuatu yang dapat saya capai," kata Joshua.

Joshua yang sekarang memiliki rekor (28-4, 25 KO), sebelumnya menelan kekalahan perdana pada Juni 2019 melawan Andy Ruiz Jr. Dia kemudian membalas kekalahan itu dalam tarung ulang pada Desember tahun yang sama.

Kekalahan kedua AJ terjadi saat bersua jagoan Ukraian, Oleksandr Usyk, pada September 2021. Kurang dari setahun, kedua nama ini kembali duel, tetapi Joshua kalah lagi.