Bagikan:

JAKARTA – Mantan juara dunia kelas berat terpadu dua kali asal Inggris, Anthony Joshua (AJ), menolak untuk pensiun setelah menelan kekalahan terburuk dalam kariernya melawan Daniel Dubois untuk perebutan sabuk IBF.

AJ menelan kekalahan keempat dalam 11 tahun kariernya saat bertemu Dubois di Stadion Wembley, Inggris, pada Minggu, 22 September 2024, pagi WIB. Dalam duel tersebut, AJ jatuh sebanyak empat kali sebelum dipukul knockout (KO) di ronde kelima.

Joshua mengatakan usai duel itu bahwa dirinya masih belum ingin gantung sarung tinju, terlebih dia memiliki klausul tarung ulang.

Klausul itu menjadi kesempatan yang bisa digunakan untuk membalas dendam atas kompatriotnya tersebut.

"Tentu saja saya ingin terus bertarung. Kami hidup untuk bertarung di hari lain. Itulah saya, seorang pejuang," ujar Anthony kepada media seperti dikutip dari Boxing Scene.

Kemenangan atas Joshua membuat Dubois secara resmi berpredikat juara IBF sesungguhnya setelah sebelumnya interim. Hasil ini sebenarnya cukup mengejutkan karena petarung berusia 27 tahun tersebut sama sekali tidak diunggulkan sebelum bentrok.

Eddie Hearn selaku promotor Joshua mengisyaratkan bahwa kliennya masih memiliki semangat untuk naik ring lagi memanfaatkan klausul tarung ulang melawan Dubois.

"Saya pikir (Joshua) akan menggunakan klausul pertandingan ulang itu, saya pikir itu sudah pasti. Ia perlu beristirahat dan ini pertarungan yang berbahaya. Ia akan yakin bahwa ia bisa melukai Dubois. Ia akan yakin bahwa ia bisa mengalahkannya," ujar Hearn.

Joshua yang sekarang memiliki rekor (28-4, 25 KO), sebelumnya menelan kekalahan perdana pada Juni 2019 melawan Andy Ruiz Jr. Dia kemudian membalas kekalahan itu dalam tarung ulang pada Desember tahun yang sama.

Kekalahan kedua AJ menyusul setelah itu saat bersua jagoan Ukraian, Oleksandr Usyk, pada September 2021. Kurang dari setahun, kedua nama ini kembali duel, tetapi Joshua kalah lagi.

Selain kemungkinan tarung ulang dengan Dubois, Joshua juga masih mungkin naik ring melawan Tyson Fury. Duel antara AJ dan Fury, termasuk salah satu partai yang banyak ditunggu hingga saat ini.