Bagikan:

JAKARTA - Striker Harry Kane mencetak brace yang mengantarkan Inggris ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Italia 3-1. Hanya saja, manajer Gareth Southgate malah memberi pujian kepada pemain muda yang justru memberi dampak pada tim meski tak mencetak gol di laga yang digelar di Stadion Wembley, Rabu, 18 Oktober dini hari WIB.

Kane berperan penting meloloskan Inggris ke Jerman. Dirinya tidak hanya mencetak gol yang menyamakan skor sekaligus membangkitkan semangat dan kepercayaan diri rekan-rekannya.

Keberhasilan mencetak brace menjadikan Kane telah mengemas 24 gol selama bermain untuk The Three Lions di Wembley. Dirinya pun memecahkan rekor gol legenda timnas Inggris Bobby Charlton.

Penyerang Bayern Munchen ini boleh dikatakan bermain all-round. Dirinya berani duel fisik dengan pemain belakang. Bahkan Southgate menyebut Kane sebagai sosok visioner.

"Tentu beresiko bila hanya mengandalkan dia sebagai jaminan mencetak gol. Tetapi dia memang bermain all-round. Bagaimana dia beradu fisik dengn bek tengah lawan. Visi dan kemampuannya dalam mengumpan sungguh luar biasa," kata Southgate memuji performa gemilang Kane.

Menurut dia Kane yang sebelumnya bermain di Tottenham Hotspur terlihat lebih bugar dan sangat menikmati saat pulang ke Inggris dari Jerman. Meski tak lagi bermain di Premier League Inggris, namun dia tetap menjadi teladan bagi pemain muda. 

"Dia pemain senior yang menjadi teladan bagi pemain muda," ucapnya.

Tak hanya Kane, Southgate juga memuji Jude Belingham yang disebutnya bermain 'luar biasa. Gelandang Real Madrid berusia 20 ini, menurut Southgate, menjadi inspirator tim meski tak mencetak gol di pertandingan itu.

"Saya terkesan dengan bagaimana dia mengontrol pertandingan. Mentalitas Jude sungguh luar biasa mengingat usianya yang masih muda. Dia sudah mampu memberi dampak dengan menunjukkan kematangan dan kerendahan hati. Kami beruntung memiliki dia," kata Southgate.

Bellingham juga memberi dampak besar bagi Madrid sejak bergabung dari Borussia Dortmund.

Dia menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 10 gol selama 10 pertandingan Madrid. Southgate menilai Bellingham berkembang pesat sejak pindah ke Madrid.

"Saat bermain dengan pemain yang punya mentalitas dan kualitas seperti itu, kalian sudah pasti bakal naik ke level yang baru secara mental, fisik dan teknik," kata Southgate.

Menurut dia makin meningkatnya permainan Bellingham terlihat dari performa di lapangan. Dia juga terlihat percaya diri saat keluar menuju arena pertandingan.

Bellingham tampakya bakal menjadi pilar kekuatan Inggris di Euro 2024. Setelah meredupnya pemain muda seperti Jadon Sancho, kini Bellingham yang akan menjadi salah satu the rising star.