Gareth Southgate Pastikan Harry Kane Bisa Tampil Lawan Amerika Serikat
Harry Kane (Twitter @england)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memastikan kapten tim Harry Kane fit dan siap untuk bermain melawan Amerika Serikat di laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu, 26 November dini hari nanti.

Pemain yang berposisi sebagai striker itu awalnya diragukan tampil melawan Amerika setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat membantu Inggris menang 6-2 atas Iran di laga pertama penyisihan grup, Senin, 21 November kemarin.

Cedera itu membuat Kane ditarik keluar pada menit ke-76 dan digantikan oleh Callum Wilson. Namun, ia sudah dipastikan bugar setelah melewati proses pemindaian pada Rabu kemarin.

"Harry [Kane] baik-baik saja. Dia berlatih terpisah dari tim, tetapi semuanya baik-baik saja untuk [pertandingan] Jumat malam (Sabtu dini hari WIB, red.)," kata Southgate, dilansir BBC Sport, Kamis, 24 November 2022.

Di laga melawan Iran, pemain Tottenham Hotspur itu tidak menyumbang gol. Namun, ia memberikan dua assist untuk masing-masing gol yang dicetak oleh Raheem Sterling dan Marcus Rashford.

Kane sejauh ini telah mencetak 51 gol dalam 76 penampilan untuk Three Lions. Ia terpaut hanya dua gol saja dari Wayne Rooney yang merupakan pemegang top skor untuk Inggris.

Kehadiran Kane sebagai salah satu sosok penting di dalam skuat akan menjadi kabar baik buat Southgate. Pasalnya, Inggris butuh tiga angka di laga melawan Amerika Serikat untuk memastikan diri lolos lebih awal ke babak gugur.

"Kami ingin menyelesaikan kualifikasi secepat mungkin. Tujuan pertama adalah lolos dari grup. Kami ingin melakukannya pada hari Jumat, tetapi pertandingan tidak akan seperti hari Senin [melawan Iran]," ujar Southgate.

"Mereka memiliki beberapa pemain yang kami kenal dari Liga Premier dan mereka menunjukkan di babak pertama melawan Wales sisi terbaik dari diri mereka," ia menambahkan.

Saat ini Inggris masih menguasai klasemen Grup B dengan koleksi tiga poin. Mereka diikuti Wales dan Amerika Serikat yang cuma mendapat hasil imbang pada pertandingan pertama mereka.