Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia memastikan langkah ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tergabung dalam Grup F. Di grup ini, Skuad Garuda menempati posisi terendah dalam peringkat FIFA ketimbang negara lainnya.

Lolosnya Indonesia ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak lepas dari kemenangan telak kontra Brunei Darussalam. Timnas Indonesia menang dengan unggul agregat 12-0.

Keberhasilan dua kali menang atas Brunei pantas jadi modal Skuad Garuda untuk menatap babak lanjutan lebih percaya diri. Namun bukan berarti Indonesia bisa jumawa. Sebab di putaran kedua, lawan yang dihadapi kian berat.

Berdasarkan ranking FIFA, Indonesia menjadi negara dengan ranking terendah yang ada di Grup F. Pasalnya negara lain yang tergabung seperti Irak, Vietnam dan Filipina ada di ranking lebih unggul.

Irak merupakan tim dengan ranking teratas di Grup F karena menghuni peringkat 62 FIFA dan ketujuh di Asia. Sedangkan Vietnam adalah tim Asia Tenggara dengan ranking tertinggi, tim asuhan Philippe Troussier itu berada di urutan ke-95 dunia.

Selanjutnya ada Filipina yang rankingnya juga masih berada di atas Indonesia. Skuad The Azkals kini menghuni peringkat ke-132 di ranking FIFA.

Indonesia saat ini masih berada di posisi ke-147. Meski kemenangan kontra Brunei berpeluang membuat peringkat Indonesia naik, namun posisi tim asuhan Shin Tae-yong ini masih belum bisa melampaui para pesaing di Grup F.

Kendati menjadi tim paling buncit dalam urutan ranking, tapi bukan tidak mungkin Indonesia membuat kejutan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya skuad Garuda akan lebih banyak bertemu dengan sesama tim Asia Tenggara.

Menghadapi Vietnam dan Filipina bukan pengalaman baru bagi timnas Indonesia. Skuad asuhan Shin Tae-yong tercatat sudah berkali-kali bertemu dengan dua negara itu terutama di turnamen level regional seperti Piala AFF dan SEA Games.

Dengan pengalaman dan kemauan untuk tampil lebih baik lagi, hal itu bisa jadi peluang wakil Merah Putih untuk melaju ke tahap yang lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yaitu babak ketiga.

Babak ketiga kualifikasi merupakan gerbang utama menuju putaran final Piala Dunia 2026. Juara dan runner up grup di putaran otomatis mendapatkan tiket ke putaran final pesta sepak bola dunia.

Piala Dunia 2026 nantinya akan berlangsung di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Piala Dunia 2026 dijadwalkan mulai bergulir pada Juni hingga Juli 2026.