Bagikan:

JAKARTA - Posisi Indonesia dalam daftar ranking FIFA diprediksi bakal naik hingga tiga peringkat. Hal itu tak lepas dari dua kemenangan yang diraih saat menghadapi Brunei Darussalam di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang masuk kalender FIFA. Pada putaran pertama, Skuad Garuda dua kali menghadapi Brunei Darussalam dengan sistem kandang tandang. 

Dari dua pertemuan itu, tim asuhan Shin Tae-yong selalu berhasil membukukan dua kemenangan besar. Pertama skor 6-0 diraih saat tampil di Jakarta dan pertemuan kedua di Bandar Seri Begawan juga ditutup dengan skor sama 6-0.

Hasil itu membuat Indonesia unggul agregat 12-0 dari Brunei. Tim asuhan Shin Tae-yong lolos dan tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Pembaruan ranking FIFA terakhir pada 21 September 2023, Indonesia masih berada di urutan ke-147 dunia dengan mengemas 1052,87 poin.

Kini dengan tambahan poin dari dua kemenangan atas Brunei, posisi Indonesia di jajaran FIFA berpeluang besar untuk melesat ke posisi 144 atau 145. Pasalnya dua kemenangan itu diprediksi akan menambah pencapaian Indonesia sekitar 16 hingga 17 poin.

Mesmi begitu kepastian soal posisi ranking Indonesia terbaru masih harus  menunggu rilis resmi FIFA. Agenda itu rencananya akan diumumkan setelah FIFA Matchday edisi Oktober 2023 rampung.