Kemenangan atas Turkmenistan Membawa Posisi Indonesia Naik Signifikan di Ranking FIFA
Timnas Indonesia. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Posisi Indonesia di ranking FIFA terbaru naik signifikan. Ini berkat kemenangan atas Turkmenistan di FIFA Matchday, 8 September lalu.

Kala itu, tim asuhan Shin Tae-yong menang 2-0 saat menjamu lawan di Stadion Gelora Bung Tomo. Gol Skuad Garuda dicetak Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Jumat, Indonesia kini berada di peringkat 147 ranking FIFA dengan 1.052,87 poin. Sebelumnya berdasarkan ranking FIFA per 20 Juli 2023 masih menduduki peringkat ke-150.

Sementara itu, lawan yang dikalahkan Indonesia di FIFA Matchday, Turkmenistan, turun dua tingkat dari semula peringkat 138 ke 140 karena mendapatkan pengurangan 3,65 poin. Negara dari Asia Tengah itu kini mengoleksi 1.086,12 poin.

Indonesia berpeluang menambah poin dan kembali naik peringkat dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan Marc Klok dan kawan-kawan akan menjalani dua laga babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober.

Indonesia akan menjamu Brunei Darussalam sebanyak dua kali dimana yang pertama digelar di Indonesia pada 12 Oktober dan kedua digelar di Brunei Darussalam pada 17 Oktober.

Sementara itu, pada posisi lima teratas peringkat FIFA edisi terbaru, Argentina, Prancis, Brasil, Inggris, dan Belgia tidak tergoyahkan, demikian yang disitat dari Antara.

Argentina yang menyandang status juara dunia mengokohkan diri sebagai pemuncak setelah mendapatkan tambahan 7,68 poin dan membuat poin mereka menjadi 1.851,41.

Lionel Messi dan kawan-kawan mendapatkan tambahan poin itu ketika menang dari dua laga di FIFA Matchday bulan September ketika mengalahkan Ekuador dengan skor 1-0 dan mengalahkan Bolivia dengan skor 3-0.