Sebelum Kalah, Timnas Indonesia U-24 Kepedean Bisa Kalahkan Taiwan di Laga Kedua Penyisihan Grup Asian Games 2023
Timnas Indonesia U-24 kalah dari Taiwan pada laga kedua penyisihan grup Asian Games 2023. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 Indra Sjafri mengatakan sebelum menelan kekalahan, timnya dalam posisi sangat percaya diri untuk mengalahkan Taiwan. Namun, fakta di lapangan tak sesuai harapan.

Pasukan Indra Sjafri dipaksa menyerah dengan skor dramatis 0-1 pada laga kedua Grup F Asian Games 2023 di Stadion Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Kamis, 21 September petang WIB.

"Tentu hasil ini sangat mengecewakan bagi kami. Jadi, kami sangat sulit di posisi grup walaupun dengan satu kemenangan. Padahal, tadi kami sangat yakin bisa memenangi pertandingan," kata Indra usai laga.

Dalam pertandingan ini, Indonesia sebenarnya tampil mendominasi pertandingan. Total ada sebanyak 15 usaha tembakan dan sembilan on target, tetapi tidak satu pun berbuah gol.

Indra mengatakan, sesuai apa yang mereka prediksi, pertahanan lawan memang sangat sulit dibongkar. Lawan tampil sangat solid dan benar-benar berhasil membuat repot pemain Indonesia.

"Sebenarnya apa yang kami prediksi terhadap permainan Taiwan, mereka pasti bermain bertahan dan kami di babak pertama tidak bisa membongkar pertahanan mereka," ujar Indra.

"Justru sebaliknya mereka yang bisa melakukan serangan dan kemudian membuahkan hasil satu gol. Setelah gol terjadi para pemain tidak bisa bangkit. Saya kemudian melakukan beberapa pergantian untuk bisa mengubah situasi, tetapi tidak banyak membantu. Dan memang hasil ini, hasil yang sangat tidak kami inginkan," sambung mantan pelatih Bali United itu.

Kekalahan melawan Chinese Taipei membuat peluang Indonesia untuk lolos dari babak grup pun semakin sulit. Untuk menjaga kans lolos, Pasukan Garuda harus menang di laga terakhir melawan Korea Utara.

Jika menang maka kesempatan Indonesia finis sebagai runner up grup terbuka. Namun, seandainya kalah maka peluang lolos semakin tertutup.