Kalahkan Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Darwin Nunez Bawa Uruguay ke Peringkat Dua
Darwin Nunez membawa Uruguay menang 2-0 atas Brasil di kualifikasi Piala Dunia 2026. Twitter @CONMEBOL)

Bagikan:

JAKARTA - Brasil tumbang di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL. Dalam duel Stadion Centenario, Rabu, 18 Oktober pagi WIB, Uruguay sukses menaklukkan Brasil 2-0. Pemain depan Liverpool Darwin Nunez pun membawa Uruguay ke peringkat dua.

Brasil memetik hasil mengecewakan pada dua laga kualifikasi. Setelah bermain imbang 1-1 melawan Venezuela, kini Brasil malah kehilangan poin saat melakoni big match melawan Uruguay.

Pencapaian Selecao jelas tak sesuai ekspetasi. Apalagi, tim diperkuat para pemain terbaik yang hampir semuanya bermain di Eropa.

Dalam duel ini, pelatih sementara Fernando Diniz menurunkan deretan pemain depan yang haus gol. Bagaimana tidak, striker Arsenal Gabriel Jesus menjadi ujung tombak. Dirinya mendapat dukungan dari Vinicius Junior, Neymar dan Rodrygo.

Sementara di tengah masih ada Casemiro, gelandang berpengalaman. Di belakang, Marquinhos dan Gabriel Magalhaes pun sangat diandalkan untuk membentengi kiper Manchester City Ederson.

Meski demikian, Brasil gagal mengimbangi Uruguay yang menunjukkan permainan terbaik di kandang sendiri. Kedua tim memang secara bergantian menyerang.

Namun mereka gagal menembus pertahanan lawan. Selain itu penyelesaian akhir yang buruk menjadikan Uruguay maupun Brasil tak bisa mencetak gol.

Nunez akhirnya memecahkan kebuntuan menjelang akhir babak pertama. Pemain depan Liverpool ini berhasil menyambut assist Maximiliano Araujo untuk menaklukkan Ederson. Skor 1-0 untuk Uruguay bertahan sampai akhir babal pertama.

Brasil mencoba bangkit di babak kedua. Terutama setelah Richarlison masuk menggantikan Neymar yang terpaksa ditarik karena cedera lutut.

Namun duet duo klub London Utara, Tottenham Hotspur dan Arsenal, tetap belum bisa menembus pertahanan Uruguay. Jesus yang merupakan andalan The Gunners tak berkutik menghadapi duet Ronald Araujo dan Sebastian Caceres.

Sebaliknya, Uruguay yang berhasil menambah gol di menit 77. Nunez berperan dalam proses terciptanya gol dengan memberikan assist yang dituntaskan Nicolas de la Cruz. Skor 2-0 untuk Uruguay dan bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan atas Brasil mengantarkan Uruguay ke peringkat dua dengan poin tujuh. Sama dengan Brasil yang turun ke posisi tiga karena kalah selisih gol.

Tidak hanya kalah, Brasil kehilangan Neymar yang kembali cedera lutut. Eks bintang Barcelona dan Paris Saint-Germain yang kini bermain di klub Arab Saudi Al-Hilal ini memang beberapa kali mengalami cedera di bagian yang sama. Cedera itu yang memaksa dia absen cukup lama.